Musrenbang Perubahan RKP/APBDesa Tasikrejo fokus pada pembangunan infrastruktur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pemalang – Pemerintah Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Sabtu malam (20/6) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Perubahan RKP/ APBDes di Balai Desa Tasikrejo.

Acara musrenbang dihadiri sedikitnya 48 peserta musyawarah, masing-masing ialah Perangkat Desa, Kepala Dusun, Ketua RT/ RW, relawan Covid-19, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh pendidikan dan perwakilan dari unsur tani dan perikanan.

Hadir pula dalam acara tersebut, perwakilan dari pihak Kecamatan Ulujami, Agung Budoyo, SH., Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Nadzirin, dan Ketua BPD Tasikrejo, Widiarto, SH.

Dalam sambutannya Camat Ulujami, yang diwakili oleh Seksi Pelayanan, Agung Budoyo, SH. Menyampaikan, bahwa musrenbang ini merupakan wujud keterbukaan dan transparansi pihak desa kepada masyarakat, jika nanti ada yang perlu ditanyakan, langsung tanyakan, dan jika sudah disepakati hasil musrenbang ini, diharapkan nanti peserta musyawarah dapat meneruskan hasil musrenbang kepada warga dan masyarakat tasikrejo.

Musrenbang dipimpin langsung oleh kepala Desa Tasikrejo, Sopiyudin. Dalam pembahasannya, Sopiyudin menerangkan bahwa beberapa program hasil musrenbang tahun 2019 yang rencananya akan direalisasikan tahun 2020 sementara ada beberapa program terpending. Program yang terpending antara lain : Pintu air, Drainase untuk RW. 04, Drainase untuk RW. 05, Talud di Pos Kesehatan Desa (PKD), dan Ambulance Desa

Terlebih, program yang terpending merupakan program yang dibutuhkan masyarakat, terutama untuk Pintu air, drainase dan talud karena untuk penangaman banjir langganan. baik banjir rob maupun banjir dari curah hujan

Lanjut Sopiyudin, terpaksa dipending dan akan dianggarkan kembali di tahun 2021, karena anggaran sudah terpotong untuk penanganan wabah covid-19 dan BLT Dana Desa sebesar Rp. 530.210.450.

“Kita menyesuaikan anggaran, demi terlaksananya semua program desa, kami pemerintah desa tetap berupaya untuk dapat merealisasikan pembangunan dalam rangka penanganan banjir langganan, semoga ada bantuan dari pihak provinsi”. Ungkap Sopiyudin yang turut di Aminkan oleh peserta musrenbang.

Disepakati bersama, bahwa hasil musrenbang perubahan RKP/ APBDes Tasikrejo untuk tiga bidang, masing-masing bidang adalah Bidang Kesejahteraan dan Pemberdayaan masyarakat senilai Rp. 335.151.900, Bidang Pembangunan / infrastruktur senilai Rp. 604.524.650 dan Bidang Pemerintahan dan Umum senilai Rp. 45.000.000

Ditemui usai acara, Ketua BPD Desa Tasikrejo, Widiarto SH., mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga marwah dan nama baik Desa Tasikrejo, dengan mengawal program pemerintah, harus saling mengingatkan satu sama lain. Ungkapnya.

Kesepakatan hasil musrenbang perubahan RKP dan APBDes Tasikrejo ditandatangani oleh Kepala Desa, Perwakilan Warga, Unsur BPD yang disaksikan oleh perwakilan kecamatam dan peserta musrenbang.

 

 

Reporter : Rizqon Arifiyandi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *