Polsek bersama Danramil 2021/ Kapetakan kawal pelaksanaan LTKD Pegagan Lor Cirebon

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon – Salah satu Program Desa yang biasa dilakukan oleh Kepala Desa dan Perangkatnya dalam meningkatkan ketahanan pangan di Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon adalah program Lelang Tanah Kas Desa (LTKD) atau yang biasa disebut Lelang Titisara.

Saat membuka kegiatan Lelang Lelang Tanah Kas Desa (TKD) yang merupakan aset Desa Pegagan Lor, Sekretaris Desa (Sekdes) Pegagan Lor Mulya Sidiq menyampaikan bahwa, Lelang Tanah Kas Desa atau yang sering disebut Lelang Titisara merupakan bentuk Program Desa guna memberdayakan Masyarakat Desa setempat dalam katagori Masyarakat Tani dan hal ini sudah sesuai Perdes dan Perbup yang sudah disepakati bersama, ujar Mulya Sidiq. Sabtu (20/6).

Lebih lanjut Mulya Sidiq menambahkan, dengan adanya Lelang Titisara ini / Lelang Tanah Kas Desa (TKD) dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Pegagan Lor, dan berharap dapat meningkatkan tarap Hidup Petani itu sendiri. Apalagi di situasi Pandemik seperti ini paling tidak dari 100 KK Keluarga yang tidak mendapatkan Bansos dari Pemerintah bisa terkafer dari uang Lelang tersebut, karena ada sekitar 100 Kepala Keluarga terdampak Pandemik COVID 19 yang tidak mendapatkan Bansos baik dari Kemensos, PKH, Banprov dan Bansos yang lainnya.

Ketika ditanya berapa luas lahan yang menjadi Obyek Tanah Kas Desa (TKD) Lelang Titisara dan bagiamana Proses Lelangnya Mulya Sidiq mengatakan ada sekitar 20 Ha Tanah Kas Desa Lelang Titisara yang di kami Lelang dan alhammdulillah kelihatannya ada peningkatan dari Tahun lalu yang hanya kurang lebih Rp. 90 jutaan namun Tahun ini ada sedikit peningkatan menjadi Rp. 120 jutaan.

Adapun Proses Lelang seperti biasa mana yang lebih tinggi dari harga penawaran yang lain, ketika ada yang lebih tinggi maka Dialah yang menjadi pemenangnya dan Pelaksanaan Lelang Titisara ini terbuka untuk warga Masyarakat Desa Pegagan Lor dengan sistem terbuka dan Transfaransi Publik.

Sehingga Pelaksanaan Lelang Tanah Kas Desa dalam hal ini Pemerintah Desa Pegagan Lor berjalan dengan Aman tertib dan Kondusif, pungkas Mulya Sidiq.

Hadir dalam kegiatan Tanah Kas Desa (TKD) Lelang Titisara Desa Pegagan Lor, Camat Kapetakan Carsono AP, MM, Ipda Suganda (Kanit Binmas) mewakili Kapolsek Kapetakan, Danramil 2021/ Kapetakan, Kuwu kepala Desa Pegagan Lor Hj. Ii Fariyani S.Pd, Ketua BPD Waryadi beserta Anggota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama, Tokoh Pemuda dan undangan warga Masyarakat Desa Pegagan Lor yang mengikuti Lelang Tanah Kas Desa (LTKD).

Terlepas dari kegiatan Lelang Titisara Desa Pegagan Lor kamipun tetap sesuai dengan protap instruksi atau anjuran pemerintah agar wajib memakai Masker dan sebelum memasuki tempat duduk yang sudah disediakan oleh Panitia wajib mencuci tangan dengan Cairan Disinfektan yang sudah kami sediakan di depan pintu masuk Ruang Rapat Lelang, jelas Kuwu Desa Pegagan Lor Hj. Ii Fariyani S. Pd saat di wawancara Mitrapol diruang Kerja selesai kegiatan Lelang Tanah Kas Desa.

 

 

Reporter : Darto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *