Wabup Mimika apresiasi jajaran Polres Mimika dalam menumpas Miras lokal di Timika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melalui Wakil Bupati Johannes Rettob mengapresiasi kinerja jajaran Kepolisian Polres Mimika dalam hal penumpasan minuman keras lokal di Kabupaten Mimika.

Hal ini ia utarakan saat mendampingi Kapolda Papua. Irjen. Pol. Paulus Waterpauw saat memimpin pemusnahan Miras lokal hasil sitaan Polres Mimika selama bulan Mei dan Juni 2020 di Kantor Layanan Polres Mimika, pada Senin 22 Juni 2020.

“Kekerasan dalam rumah tangga, dan kejadian kriminal di Timika ini 90 persen karena minuman keras (miras). Minuman keras lokal ini harus kita basmi, karena ini sumber penyakit,” kata Wabup Johannes Rettob kepada wartawan di Timika Senin, (22/6).

Sebagai wakil Bupati Mimika, dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Mimika yang telah berhasil menggerebek tempat penyulingan miras lokas jenis Sopi di Kampung Kaugapu Distrik Mimika Timur pada Minggu (21/6) kemaren dan berhasil menyita ribuan liter ditempat lainya hingga dilakukan pemusnahan sebanyak 6.061 liter minuman keras lokal.

“Kami juga berharap penindakan penyitaan ini dilaksanakan terus menerus karena biasanya mereka ini (pelaku-red) keras kepala harus kita basmi karena minuman keras ini ibarat sampah jadi sumber penyakit,” terangnya.

Wabup juga mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 saat ini Pemkab Mimika melalui Instruksi Bupati mewajibkan untuk toko-toko penjualan minuman keras (miras) termasuk tempat hiburan malam (THM) di Kabupaten Mimika untuk ditutup sementara hingga menunggu Instruksi Bupati selanjutnya. Namun yang terjadi di lapangan berbeda, dimana pemilik toko tetap nekat menjual melalui pintu belakang.

Sehingga dihadapan Kapolda Papua, Wabup beratensi bahwa bila masih ada warga yang kedapatan menjual miras dan membuka THM agar ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Johannes Rettob juga meminta kepada Insan Pers di Kabupaten Mimika agar tetap lantang dan menyuarakan tentang peredaran minuman Alkohol di Kabupaten Mimika.

“Pers tolong selalu suarakan barang ini (Miras), jangan takut untuk menyuarakan. Demi kebaikan dan keselamatan masyarakat Mimika dan tanah Papua,” pungkasnya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *