Di Bintan, Aktivitas tambang pasir darat semakin ganas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bintan – Tambang pasir ilegal di Bintan semakin marak. Bahkan, pelaku tambang tak segan-segan melancarkan aksinya, walau aparat kepolisian setempat sudah melarangnya.

Menurut amatan awak media ini di lapangan pada Selasa (23/6/20), aktifitas galian tambang pasir darat ini dilakukan tak jauh dari jalan raya.

Disamping itu, jarak lokasi tambang pun tidak jauh dari Mapolsek Gunung Kijang.

Lihat saja, para penambang tak menghiraukan ancaman kerusakan lingkungan sehingga membentuk danau besar disejumlah lokasi kawasan Galang Batang, Bintan.

Patut diyakini, diduga ada orang kuat dibalik aktivitas tambang pasir darat ilegal ini.

Apalagi, hingga kini tak ada satupun perusahaan yang mengantongi izin untuk menambang pasir darat di wilayah Bintan.

Selain Galang Batang, aktivitas tambang pasir pun dilakukan di kawaa Kawal, Bintan. Aktivitas ilegal ini juga masih berjalan. Ada puluhan truk keluar masuk mengangkut pasir dari lokasi tersebut.

Sementara Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin saat dikonfirmasi mengaku, timnya tengah memikirkan dampak sosial ekonomi yang timbul jika penertiban dilakukan sebagai jalan akhir.

Walau demikian, Satgas Bencana Alam Kabupaten Bintan tengah melakukan kajian bersama tim pertambangan dan perizinan untuk mencari jalan keluar dari aktifitas illegal tersebut.

“Untuk sementara semua penambang tidak memiliki ijin, namun kami masih menunggu solusi lain dari dinas pertambangan,” ungkap Agus, kemarin.

Namun, Agus tetap mengedepankan upaya persuasif kepada masyarakat untuk mengingatkan dampak buruk adanya pertambangan yang dilakukan secara illegal.

“Bila upaya ini mentok, jalan terakhir ya penindakan,” ketusnya.

 

 

Reporter : Taufik. K

 

 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *