Satukan presepsi, Bupati Nunukan gelar silahturahmi dan dialog dengan Camat, Lurah, dan Ketua RT se-Kecamatan Nunukan Selatan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Didampingi sejumlah Kepala SKPD, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE.,MM, melakukan dialog dan silaturahmi bersama Camat, Lurah, dan Ketua RT se-Kecamatan Nunukan Selatan, di kantor Bupati Nunukan, Lantai 5, Senin (22/6).

Dialog dan silaturahmi yang digelar Bupati Nunukan ini sekaligus untuk menyatukan persepsi dan meluruskan berita-berita miring yang beredar di masyarakat.

Dalam sambutanya, Bupati Laura menjelaskan luas wilayah Kabupaten Nunukan yang saat ini memiliki 21 kecamatan, 232 desa, dan 8 kelurahan membutuhkan perangkat pemerintahan yang paham dengan tujuan organisasi masing-masing perangkat daerah.

Lanjut Bupati, dalam memimpin Kabupaten Nunukan, banyak tantangan dan masalah. Menurutnya, tantangan yang dirasakan oleh masyarakat terkait dengan kondisi keuangan daerah, yang berdampak kepada Bupati, OPD, kecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat.

Bupati juga menjelaskan, selama kurang lebih empat tahun dirinya bersama H. Faridil Murad selaku Wakil Bupati bertugas di Nunukan, dengan kondisi keuangan yang masih defisit tetap berupaya menjalankan program-program kerja yang hendak dicapai sesuai target.

Namun apalah daya, dengan kondisi pandemi dan instruksi Presiden untuk lakukan Refocusing anggaran, sehingga beberapa rencana kegiatan pembangunan harus ditunda, beber Bupati yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Kaltara dari Partai Hati Nurani Rakyat.

Olehnya itu dirinya selaku Bupati Nunukan minta peran Ketua RT sebagai penyambung lidah pemerintah untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada warganya terkait kondisi keuangan saat ini.

Bupati Nunukan memaparkan rencana dan realisasi Anggaran 2016 hingga 2019, termasuk diantara diantaranya Realisasi DBH di tahun 2019 hanya Terealisasi 62 Persen supaya masyakarat juga faham, yang mengakibatkan capaian Rencana pembangunan tidak berjalan maksimal.

Bupati juga berharap kepada semua ketua RT yang hadir pada hari ini agar dapat memberikan pemahaman kepada warganya akan kondisi keuangan daerah kita, ujar Laura.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE.,MM,

Dirinya juga berharap, kondisi dan situasi yang demikian itu Ketua-Ketua RT juga diminta untuk membantu Bupati, Dandim dan Kapolres dalam menjaga wilayahnya masing-masing sehingga tercipta suasana yang aman dan harmonis.

“Sebab sehebat apapun pejabat pemerintahan tanpa adanya RT yang tulus lahir batin untuk tampil di masyarakat pasti tidak ada gunanya,” ujarnya.

Saat berlangsung dialog antara Bupati dengan peserta yang hadir, ada yang menanyakan masalah pendataan warga dalam mendapatkan bantuan sosial, serta mengenai program pembangunan infrastruktur jalan yang tertunda, dan juga penggunaan kartu BPJS yang tidak semua penyakit tidak bisa dilayani dengan menggunakan kartu BPJS, Begitu juga dari Ketua Forum RT se-Kecamatan Nunukan Selatan, minta tambahan intensif.

Menanggapi hal itu Hj.Asmin Laura Hafid langsung merespon apa saja yang menjadi unek-unek warga. Terkait dengan kesejahteraan RT, dikatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Nunukan berikhtiar untuk kesejahteraan RT.

Dimana saat ini menjadi catatan mengingat kondisi keuangan saat ini, Namun demikian dirinya telah minta Kepala Badan Keuangan Daerah, Iwan Setiawan untuk menjelaskan secara Rinci mengkalkulasi hal itu.

Selanjutnya, untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Nunukan yang masuk target tahun ini, karena anggarannya dipangkas bahkan ada yang ditiadakan, Dan ini akan tetap menjadi prioritas tahun depan, ujar Bupati.

Sementara untuk pendataan dijawab oleh Kadis Sosial, Ir. Jabbar MSi. Bahwa pendataan juga melibatkan Ketua RT mendampingi petugas Survey PKH dan data yang digunakan oleh pemerintah pusat itu adalah hasil survey 2005, 2011 dan 2015.ujar Jabbar menjelaskan kepada Semua RT sekecamatan nunukan dan nunukan Selatan.

 

 

Reporter : Yuspal/hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *