Dituntut lebih teliti tangani kasus, Polda Papua akan perkuat SOP

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Guna meningkatkan profesionalitas anggota dalam menangani dan memeriksa berbagai kasus, Kepolisian Daerah (Polda) Papua akan mengatur dan memantapkan kembali standar operasional prosedur (SOP).

Hal ini dutarakan langsung oleh Kapolda Papua. Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memimpin apel gabungan anggota Polri di kantor layanan Polres Mimika, pada Senin (22/6).

“Kita akan membuat dan memperkuat SOP, yang nantinya dilatihkan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas penyelidikan dan penyidikan suatu kasus,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw dihadapan anggotanya di kantor layanan Polres Mimika.

Menurutnya, SOP perlu diadakan guna memperkuat kinerja kepolisian. Lebih khusus terhadap kinerja penyidik dalam menyelidiki dan menyidik suatu kasus.

“Sebagai penyidik perlu dilakukan seinergitas dilapangan supaya saling mengingatkan. Sehingga pertanggungjawaban suatu kasus di depan pengadilan berjalan lancar. Kalau tidak beres nanti banyak pertanyaan dan pembuktian tak bisa dipertanggungjawabkan di pengadilan. Seperti beberapa kasus di Wamena dan Jayapura, dimana pelaku hanya dihukum 6-7 bulan, dipotong masa tahanan dan langsung bebas,” beber Irjen.Pol Waterpauw.

Dari kondisi itu, menurut Kapolda, sebagai penegak hukum dalam menghadapi suatu kasus, petugas dituntut untuk lebih jeli dan teiliti dalam melengkapi semua alat bukti dan saksi sebelum naik di pengadilan.

“Ini perlu saya tekankan, karena jangan sampai saat dipersidangan nanti, terdakwa hanya dihukum ringan. Karena kurangnya bukti-bukti yang kuat,” terangnya.

Kapolda menambahkan, kedepan bila terjadi kerusuhan lagi, jajaran Polda Papua akan bertugas dengan menerapkan SOP yang telah diatur dan disepakati bersama sehingga peran petugas di lapangan lebih jelas. Bahkan akan dibuatkan tim khusus dalam penanganan situasi kontijensi ataupun kerusuhan langsung. Sehingga ada pihak-pihak yang khusus mengumpulkan bukti-bukti maupun saksi.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *