Satgas Covid-19 Mimika : Perkembangan sebaran Covid-19 mulai membaik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Perkembangan sebaran pandemic Covid19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua terhitung sejak 25 Maret 2020 lalu. Saat ini dinyatakan mulai berangsur membaik.

Hal ini dikatakan langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Juru Bicara (Jubir) Satgas percepatan penanganan Covid19 Mimika, Reynold Ubra dalam rilis tertulis yang diterima MITRAPOL, Rabu, (24/6).

“Hari ini Rabu (24/6) terdapat kemajuan dalam pengobatan dan tatalaksana medis yang dibuktikan dengan bertambahnya 3 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari RSUD Mimika sehingga jumlah pasien sembuh dalam 24 jam meningkat dari 269 orang naik menjadi 272 orang,” kata Jubir Ubra dalam rilisnya, Rabu, (24/6) malam.

Menurutnya tim Epidemiologi dalam 24 jam terakhir telah memeriksa sampel SWAB hasil rujukan dari Rumah Sakit di Kabupaten Mimika berjumlah 105 spesimen. Dari jumlah yang diperiksa, keseluruhan dinyatakan negatif Covid19.

“Hari dari 105 spesimen yang diperiksa tidak ditemukan kasus positif covid19. Sehingga tidak terjadi penambahan kasus dalam 24 jam terakhir. Secara keseluruhan specimen yang diperiksa meningkat menjadi 3,192 spesimen,” ujarnya.

Menurutnya, sejak adanya 1 kasus pertama kali ditemukan tertanggal 25 maret 2020 lalu, pihaknya bergerak dengan melakukan respon cepat melalui pendekatan Deteksi, Tracing, Treatment dan Isolasi sehingga di hari ini dapat diketahui secara kumulatif ada 367 orang yang terinfeksi Covid-19.

“Saat ini kasus aktif hanya tersisa 89 orang yang masing-masing ditangani oleh RSUD Mimika 42 orang, RS. Tembagapura 46 orang dan RSMM sebanyak 1 orang,” terangnya

Untuk diketahui, update Covid-19 per hari Rabu 24 Juni 2020 data update yang berhasil dihimpun MITRAPOL diantaranya, secara kumulatif berjumlah 367 kasus. Terdiri dari 89 orang masih menjalani perawatan, 272 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 6 orang tercatat meninggal dunia.

Kemudian untuk jumlah pasien dalam pengawasan PDP yakni, 22 orang dirawat. Dan orang dalam pemantauan ODP berjumlah 580 orang sedangkan orang tanpa gejala OTG mencapai 1068 orang.

“Saat ini virus Corona telah menjadi bagian dari hidup kita, namun bukan berarti kita harus kalah, melainkan kita hampir memenangkan wabah ini. Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah displin,” jelas Reynold.

Disiplin yang dimaksud yakni melaksanakan protocol kesehatan disaat sedang bepergian keluar rumah. Minimal dengna menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik.

“Sampai saat ini belum ada vaksin untuk Covid-19 ini, namun kita punya kekuatan terbesar adalah disiplin melaksanakan protocol kesehatan secara konsisten,” pungkasnya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *