DR. Amri, SE, M.Si : Migas Aceh pengganti Otsus

  • Whatsapp
Pengamat Ekonomi dan Akademisi Universitas Syiah Kuala, DR. Amri, SE, M.Si.

MITRAPOL.com, Sabang – Pengamat Ekonomi dan Akademisi Universitas Syiah Kuala, DR. Amri, SE, M.Si.  mengatakan bahwa potensi alam di Aceh masih sangat banyak yang bisa digarab, terutama Potensi Minyak dan Gas Bumi Aceh saat ini Sangat Besar,  baik yang ada di Pantai Utara, Pidie Jaya, Aceh Timur Maupun yang ada di lepas pantai Barat selatan Blok Andaman. Jadi pemerintah aceh tidak terfokus dari yang sedang berjalan.

Lanjut Amri. Jika Pemerintah Aceh serius dan maksimal dalam mengelola Migas, maka akan jadi pengganti Dana otsus Hampir 50%. Karena total Anggaran Pendapat Belanja Aceh (APBA) berasal dari dana Otsus, dan saya yakin Pemerintah Aceh mampu untuk membangun dan Pengembangan sumber Migas yang baru tersebut, seperti di beberapa titik yang ada pada Pidie Jaya, Aceh Timur dan di lepas pantai Barat selatan Blok Andaman.

Jika  Pemerintah Aceh dapat melaksanakan hal tersebut di atas dengan serius dan maksimal, artinya, semua titik Migas yang ada di aceh bisa dibangun dan dikelola sendiri oleh Pemerintah Aceh, maka Anggaran Pendapatan Belanja Aceh sudah maksimal.

Karena saat ini sama-sama kita ketahui dana Otsus yang ada semakin tahun semakin berkurang, ini perkiraannya, Dana Otsus mulai pada tahun 2022 menjadi 1% Maka akan hilang APBA 25%. dan pada tahun 2028 Dana OTSUS akan habis, maka akan berdampak banyak bagi Anggaran pemerintah aceh.

Karena Itu Pemerintah di minta dapat mengelola Secara profesional Migas Aceh. Dan dengan menyikapi hal tersebut di atas, tentunya Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang saat ini cukup berperan untuk mengatur strategi tersebut, ungkap Amri.

 

 

Reporter : Bukhari

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *