Sidang pembacaan keputusan gugatan praperadilan Ruslan Buton

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Surat gugatan permohonan praperadilan dan bukti tambahan lain atas nama Ruslan Buton selaku Pemohon yang telah diterima Hakim didalam sidang sebelumnya tanggal 23/06/2020, kali ini Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar agenda sidang pembacaan keputusan yang dijadualkan Kamis, (25/06/2020).

Pengacara Tonin Tachta Singarimbun, SH selaku kuasa hukum Ruslan Buton saat ditemui awak media terkait dengan keputusan Hakim yang menolak gugatan permohonan praperadilan atas kliennya, angkat bicara,

“Jujur saya sebagai pengacara sangat kecewa dengan Hakim yang mengambil keputusan atas pertimbangan hanya dari kesimpulan pihak Polisi selaku Termohon dan terungkap dalam persidangan tidak pernah dilakukan pemeriksaan Ruslan Buton oleh pihak Termohon sebelum dilakukan penangkapan tanggal 28 Mei 2020 dan tidak pernah pula ada panggilan untuk menghadap kekantor Termohon setelah dilaporkan tanggal 22 Mei 2020 oleh Aulia Fahmi,SH serta
mengabaikan keputusan MK Nomor: 21/PUU-XII/2014 tanggal 28/4/2015 adalah hukum dalam menetapkan status tersangka yaitu dengan minimal 2(dua) alat bukti yang sah dan harus didahului pemeriksaan calon tersangka. Dengan demikian keputusan Hakim tidak sesuai dengan fakta persidangan, kami tetap upayakan hukum akan mendaftarkan kembali praperadilan sampai dikabulkan, karena kami percaya masih ada Hakim yang taat dan patuh dengan hukum,” tegasnya.

“Upaya yang harus dilakukan selanjutnya kami akan mengambil langkah hukum setelah terbit surat putusan PN Jakarta Selatan sebagai lampiran untuk mendaftarkan kembali praperadilan, meminta Deponering Kejaksaan Agung, membuat laporan ke Mabes Polri dan ke Dewan Pers terkait dengan Undang Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

Demi keadilan kalah itu bukan berarti selesai kita terus berjuang untuk melepaskan urusan Ruslan Buton dari penganiayaan yang dirasakan saat ini”, pungkasnya.

 

Reporter: Herman.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *