Antisipasi konflik pada Pilkada 2020, Bupati Anambas pimpin latihan Linmas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Anambas Kepri — Menjelang kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kepulauan Riau 2020 mendatang, Bupati Anambas Abdul Haris, meminta Satuan Perlindungan Masyarakat (satlinmas) siap dalam menjalankan tugas. Hal ini diperlukan agar pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan aman dan lancar.

Hal itu disampaikan Abdul Haris, saat mempimpin pelatihan pasukan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (satlinmas), di Kecamatan Jemaja, Jumat (26/6/20) kemarin.

“Saya berharap kepada seluruh anggota satlinmas nantinya dapat menunjukan peran kerja yang efektif sesuai dengan pembekalan yang diberikan dalam pelatihan ini,” kata Bupati Anambas, Abdul Haris.

Dalam kesempatan itu, Abdul Haris mengatakan, pelatihan ini meliputi pengetahuan dasar, pengetahuan fisik dan ujian samapta.

“Saya bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satpol PP dan Damkar serta dukungan pihak kecamatan atas kontribusinya dalam pelatihan ini,” ujar Abdul Haris.

Dikatakannya, pelatihan ini diselenggarakan mengingat pentingnya pembekalan pengetahuan dasar dan penguatan fisik bagi peserta Satlinmas sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 9 permendagri nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

“Satlinmas mempunyai tugas membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan ketertiban kemananan dalam penyelenggaraan pemilu serta membantu upaya ketahanan negara,”ucap dia.

Ia menambahkan, pada saat penyelenggaraan pilkada serentak berlangsung, anggota Satlinmas sudah terlebih dahulu melengkapi diri dengan pengetahuan dasar dan fisik/mental yang kuat untuk menyikapi potensi konflik yang mungkin terjadi pada saat Pilkada.

“Kegiatan ini dilaksanakan di tiga kecamatan besar, yaitu Kecamatan Jemaja, Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Siantan. Total peserta 240 orang dan didalamnya terdapat 50 orang dari perwakilan pulau Jemaja,” jelasnya.

Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama yang baik dari pihak Satpol PP Damkar, Polres Anambas, Lanal Tarempa, Danramil, KPU dan pihak kecamatan terkait.

 

 

Reporter : Taufik. K/HRD

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *