Langsung dari Istana Negara dan Mabes Polri, Polda Aceh ikuti upacara Hari Bhayangkara secara virtual

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Aceh – Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil, Wakapolda Aceh dan Pejabat Utama serta sejumlah Personel Polda Aceh mengikuti Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 langsung dari Istana Negara dan Mabes Polri secara virtual.

Dalam Upacara ini hadir juga Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin S.IP.,MM, Wali Nanggroe, mewakili Gubernur Aceh, Kajati Aceh, Ketua DPRA, Dan Lanud SIM, Dan Lanal Sabang, Rektor Unsyiah, Pejabat Mahkamah Agung dan sejumlah pejabat lainnya, serta para penerima anugerah tanda kehormatan dan tanda jasa.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S.IK.,M.Si, dalam siaran persnya, Rabu (1/7) menjelaskan.

Upacara Hari Bhayangkara ke 74 langsung dipimpin Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dari Istana Negara di Jakarta dihadiri Wapres RI KH. Ma’ruf Amin, Ketua dan Pimpinan Lembaga-Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI beserta jajaran, Kapolri beserta jajaran, Sesepuh, senior dan para purnawirawan Polri, tokoh masyarakat dan tokoh agama, jelas Kabid Humas.

Upacara di Istana Negara diawali dengan hadirnya Presiden Republik Indonesia yang bertindaka selaku Irup, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan surat keputusan penganugerahan tanda kehormatan bintang bhayangkara narariya, jelas Kabid Humas.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke 74 oleh Irup dan serangkaian kegiatan selanjutnya.

Dikatakan Kabid Humas, Presiden RI. Ir. Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya mengatakan sebagai bangsa pejuang, kita tidak boleh cepat menyerah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus selalu berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi.

Presiden selanjutnya mengatakan, dalam situasi yang sulit ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes Polri, Polda, Polres dan Polsek, sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa, harus ikut aktif terlibat dalam mengajak masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Polri harus aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial. Tentu saja Polri juga harus tetap menjaga dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat agar situasi tetap kondusif, aman dan damai.

Presiden mengatakan lagi, saya juga perintahkan kepada jajaran Polri, Kejaksaan, KPK, dan Lembaga Pengawas Internal Pemerintah, untuk terus memperkuat sinergi satu sama lain. Saya minta pelaksanaan program penanganan Covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya. Alokasinya sangat besar yaitu Rp 695,2 triliun bahkan bisa lebih besar lagi jika diperlukan.

Lanjut Presiden, potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu terus diwaspadai, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di akhir tahun 2020. Tugas pengamanan pernah dilakukan di Pilkada Serentak 2017 dan 2019, tetapi kali ini juga harus disertai dengan menjaga protokol kesehatan Saya paham tugas ini tidaklah mudah. Namun, saya yakin Polri, TNI serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Sementara upacara Hari Bhayangkara ke 74 di Lobby Mapolda Aceh, diawali dengan penyusunan barisan, kemudian masuk pasukan pembawa Pataka Polda Aceh dan mengikuti rangkaian upacara dari Istana Negara di Jakarta secara virtual.

Seusai upacara peringatan Hari Bhayangkara, Pangdam IM bersama jajarannya memberi surprise untuk Kapolda Aceh dengan membawa kue dan nasi tumpeng yang kemudian langsung dipotong oleh Kapolda Aceh di halaman Mapolda Aceh dan disaksikan Pangdam IM, para pejabat yang hadir pada saat upacara, Wakapolda, pejabat Polda Aceh, sejumlah personel TNI dan personel Polda Aceh lainnya, kata Kabid Humas.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan syukuran di Lobby Mapolda Aceh yang dihadiri Kapolda, Wakapolda, Para Pejabat Utama dan Personel Polda Aceh lainnya, kata Kabid Humas.

Dalam syukuran itu diwarnai penyerahan penghargaan kepada 4 orang perwakilan penerima penghargaan dan tanda jasa, kata Kabid Humas.

Sebanyak 26 Personel dalam jajaran Polda Aceh, pada Hari Bhayangkara ke-74 ini dianugerahkan tanda kehormatan, tanda jasa Satya Lencana Pengabdian dari Kapolda Aceh, kepada Polisi yang cacat saat bertugas dan Polisi teladan ditingkat Polda Aceh.

 

 

Reporter : Indra/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *