Aktivis BP3RI akan laporkan dugaan pungli di SMAN 1 ke pihak berwenang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Banyuwangi – Menyikapi dugaan pungli yang terjadi di SMAN 1 Purwoharjo, Rocky sapulette salah seorang aktivis dari BP3RI akan melaporkan dugaan pungli tersebut kepihak yang berwenang

Di temui wartawan pada kamis (02/07/2020) di sela sela aktivitasnya Rocky membenarkan hal tersebut, “Dalam waktu dekat kami akan melaporkan adanya dugaan tindak pidana Pungutan liar (Pungli) Yang dalam hal ini mengarah pada Undang Undang tindak pidana Korupsi (Tipikor). Hal ini dikarenakan para anak didik dipungut dengan alasan sumbangan. Menurut kami kalau sumbangan sifatnya suka rela dan tidak mengikat sehingga tidak pas apabila alasan sumbangan akan tetapi diwajibkan dengan dalih kesepakatan“jelas Rocky.

“Yang namanya sumbangan tidak ditentukan jumlah maupun batasan waktu, dan tidak ada sanksi bagi yang tidak menyumbang. Namun yang terjadi jumlah maupun waktu telah ditetapkan sehingga tidak menutup kemungkinan para murid apabila tidak membayar mereka takut kena sanksi berdasarkan kesepakatan”tambahnya.

Dalam keterangan lebih lanjut, Rocky memaparkan,”Yang akan kami laporkan terkait pungutan kepada murid kelas XII sekitar 329 siswa pada tahun ajaran 2019-2020, antara lain meliputi Uang Bimbingan senilai Rp 1.500.000,00 (satujuta limaratus ribu rupiah), Uang PSM (Peran Serta Masyarakat) senilai Rp 200.000,00(duaratus ribu rupiah), Uang Buku senilai Rp 1.205.000,00 (satujuta duaratuslima ribu rupiah), Uang Ujian Nasional Uang Wisuda senilai Rp 300.000,00 (tigaratus ribu rupiah), dan beberapa hal lain. Jadi yang kami laporkan nominalnya mencapai ratusan Juta Rupiah,” papar Rocky.

“Hal ini kami laporkan agar dunia pendidikan di Kabupaten Banyuwangi kedepan menjadi lebih baik sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor : 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah kemudian Peraturan Pemerintah Nomor : 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggara pendidikan yang berkaitan dengan pungutan pada siswa,” pungkas Rocky.

 

 

Reporter : Adi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *