Anggota DPRD Provinsi kunjungi Koperasi Sawit masyarakat Lilangan dan Limbongan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim — Beliadi Ketua DPC Gerindra Beltim bersama Junaidi Rachman Sekertaris Fraksi PDIP DPRD Prov. Babel mengunjungi Koperasi Sawit milik masyarakat yang ada di Desa Lilangan dan Limbongan, Jum’at (3/7/2020).

“Saat ini ada dua Koperasi yang kami lihat sangat bagus dan baik dalam perjalanan usahanya, yaitu Koperasi di desa Lilangan yang di Ketuai Pak Tued, Koperasi ini kita nilai sangat berhasil, dari pembukaan awal di danai semua pemnuayan kebun dari Landclearing penanaman, pemeliharaan, pemupukan, dll,” ujara Beliadi.

Lanjut Beliadi, Saat itu terhitung punya hutang 5 sd 6 M sekarang tinggal 200 juta an dalam 10 tahunan mungkin tahun depan sudah BIP dan semue anggota sudah dapat bagi hasil yang cukup lumayan.

Begitu juga dengan koperasi sawit milik masyarakat yang ada di desa Limbongan, baru berjalan 6 tahun kalau tidak salah sudah mulai menghasilkan buah yang sangat memuaskan. Bahkan menurut cerita pengurusnya yaitu saudara Redy dan kadesnya pak japari di tenggah masa pandemi ini bukanya pengurangan karyawan malah koperasi ini menambah karyawannya. Dan disuasana covid 19 ini untuk masalah gaji juga sudah di bayarkan dengan standar UMP, oleh dua kopersi yang bermitra dengan PT. ANJ ini.

Jujur selaku wakil rakyat, saat saya turun kelapangan menemukan hal hal seperti ini lah yang saya harapkan. Saya melihat MOU dari pihak PT ANJ dan masyarakat sangat bagus, dan manjemen pengelolaan juga sangat baik.

Awalnya kunjungan kami ini bertujuan untuk menampung keluhan Koperasi atau mau minta relaxasi pembayaran pengembalian modal ke perusahaan yang menjadi mitra mereka, eh malah Kopersinya tidak mau karena ingin cepat-cepat lunas hutang.

saya dan Pak Junaidi sangat senang mendengar cerita dari pengurus Koperasinya, saya pikir koperasi lain yang baru mau bermitra dengan perusahaan harus meniru langkah koperasi yang ada di desa Lilangan dan Limbongan yang di pimpin Pak Japati dan Pak Tued ini.

Karena kami mendengar ada juga beberapa koperasi sudah umur 15 tahunan, hutang belum berkurang.
Ada juga di salah satu desa yang baru mau membuat MOU setelah lahan di buka dan akhirnya jadi ribut, ini jangan sampai terjadi kedepannya.

Namun tidak menampik di masyarakat juga sekarang ada masalah hama kumbang tanduk yang akan segera kami carikan solusinya, kami akan terus turun ke daerah daerah untuk memberikan advoaksi dan perlindungan kepada masyatakat. Agar kendala kendala yang di hadapi masyarakat dapat terselesaikan dengan cepat, dan yang sudah berjalan baik agar bisa lebih baik lagi.

Mungkin dalam bulan ini kami akan ke PT. SMM, PT. ANJ dan PT. SWP untuk menjajaki kerja sama apa saja yang bisa kita mitrakan kepada masyarakat untuk mendongkrak perekonomian pulau belitong khususnya dan Prov. Babel umumnya,” ujar Beliadi Ketua DPC Gerindra Beltim yang didampingi Junaidi Rachman Sekertaris Fraksi PDIP DPRD Prov. Babel.

 

 

Reporter : Serli agus / Tarmizi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *