Kegiatan KKN Tematik Covid-19 UPI di Desa Panguragan Kulon Cirebon

  • Whatsapp

Oleh : Innez Pricilia

MITRAPOL.com, Cirebon – Pada akhir tahun 2019 Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan yang merupakan salah satu kota yang ada di China, dan pada tahun 2020 covid-19 mulai memasuki negara Indonesia.

Pemerintah Indonesia selalu memikirkan bagaimana cara menghentikan penularan covid-19, dikarenakan semakin banyak yang menjadi korban. Pada saat kondisi Pandemi seperti ini tidak hanya pemerintah dan tenaga medis yang harus turun tangan untuk menangani covid-19 ini.

Namum masyarakat juga harus berperan aktif untuk membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 terutama mahasiswa mahasiswa yang masih bisa berperan aktif.

Oleh karena itu Universitas Pendidikan indonesia (UPI) mengadakan KKN Tematik Individu dengan tema Edukasi Pencegahan Covid-19 untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. KKN ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei sampai 17 Juni 2020, mahasiswa dapat memilih menjadi relawan atau non relawan. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau LPPM UPI, mahasiswa dapat mengaembangkan kreatifitasnya.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) merupakan salah satu lembaga yang berada di UPI yang membuat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Indovidual pencegahan Covid-19 untuk mewujudkan merdeka belajar untuk memberikan konstribusi kepada masyarakat pada masa pademi virus corona. Kegiatan KKN dilakukan secara daring dengan beberapa program pilihan dan yang wajib untuk dilakukan oleh mahasiswa.

Program program yang wajib harus dilakukan yaitu program pendataan pendunduk di daerah tempat kita melaksanakan kuliah kerja nyata. Sedangkan pada program pilihan terdapat program edukasi pencegahan covid-19 untuk masyarakat, edukasi pencegahan covid-19 untuk siswa dan pembuatan alat pelindung diri (APD).

Kegiatan yang saya lakukan saat melaksanakan KKN adalah mendata penduduk tingkat Rt 06 Rw 02 Desa Panguragan kulon Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Dan pada program pilihan saya membuat beberapa poster pencegahan covid-19 yang saya share di media sosial instagram saya @inezpricillia_. Saya juga membuat handsanitizer dan disinfektan untuk masyarakat panguragan kulon rt 06 rw 02, mengapa saya memilih membuat handsanitizer dan disinfektan? Karena masyarakat disini masih sulit mendapatkan handsanitizer dan disinfektan, bahkan cara memakainya pun masyarakat tidak tahu, saya pun bergerak untuk membagikan handsanitizer dan memberikan edukasi cara memakai dan kegunaan handsanitizer tersebut, serta menyemprotkan disinfektan ke beberapa tempat yang sering di jadikan warga untuk berkumpul.

Kegiatan KKN saya tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Terima kasih saya ucapkan kepasa LPPM UPI yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan KKN ini, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Leni Anggraeni, M.Pd. serta dukungan dari bapak kepala desa panguragan kulon yaitu H. Kusyono, Bapak ketua RT 06 Bapak Hendri dan Bapak ketua RW 02 Bapak Sapi’i, serta terima kasih kepada kedua orang tua, teman teman satu Departemen Pendidikan Tari dan seluruh teman teman yang mengikuti KKN Tematik Individual pencegahan Covid-19 ini.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *