HUT Bhayangkara Ke-74, Polda Jawa Tengah tanam bibit Mangrove di Pantai Kaliprau

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pemalang –  Memperingati HUT Bhayangkara ke 74, Polda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan penanaman 10.000 bibit pohon mangrove di Pantai indah Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Jumat (3/7/20) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol. Risnanto, S.IK., M.Si. yang di dampingi oleh Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Kodim 0711/ Pemalang, dan Bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, SH, MM

Rombongan hadir sekira pukul 07.30, dan disambut oleh Camat Ulujami, Polsek Ulujami, Koramil Ulujami, dan Kepala Desa se-kecamatan Ulujami.

Acara di awali dengan menggelar apel yang diikuti oleh jajaran forkompimca, Kepala Desa Se-Kecamatan Ulujami, ormas banser, PKK, Karang Taruna, petani dan nelayan.

Setelah acara apel, dilakukan penyerahan bibit mangrove kepada tujuh Kepala Desa di kecamatan ulujami yang terdampak banjir rob akibat abrasi air laut, dan dilanjutkan pembagian sembako berupa beras kepada warga terdampak banjir rob.

Tujuh Desa yang terdampak banjir rob, masing-masing, Desa Kaliprau, Desa Tasikrejo, Desa Kertosari, Desa Blendung, Desa Ketapang, Desa Limbangan dan Desa Mojo.

Dalam sambutannya, Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol. Risnanto, S.IK., M.Si. menyampaikan, penanaman bibit mangrove diharapkan menjadi sabuk pengaman terdepan bibir pantai dalam menahan laju abrasi ombak laut yang menimpa warga pesisir pantai.

“Apa yang kita lakukan sekarang ini, untuk mewariskan anak cucu kita. Ini menjadi edukasi untuk mewariskan kepada anak cucu kita nanti kedepannya”. Katanya.

Lanjutnya, ini merupakan program prioritas Polda Jawa Tengah untuk melaksanakan penanaman 10.000 bibit mangrove di sepanjang pantai utara secara berkelanjutan. Tidak hanya satu titik, penanaman 10.000 bibit mangrove dilaksanakan mulai dari Pantai Rembang sampai Brebes, juga di pantai selatan hingga Purworejo.

Bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, SH., MM. mengungkapkan sepanjang pantai utara di Kabupaten Pemalang mengalami abrasi cukup parah. Sesuai kebijakan dari pemerintah pusat, pemda juga telah berupaya untuk melaksanakan penanaman mangrove setiap tahunnya.

“Tentunya kami berterima kasih atas inisiasi dan partisipasi Polres Pemalang beserta jajarannya yang telah menggerakan seluruh komponen masyarakat dalam penanaman pohon secara kontinyu di sepanjang pantai Kabupaten Pemalang,” katanya.

Usai penanaman pohon, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho berpesan agar bibit mangrove yang telah ditanam untuk dirawat secara bersama-sama oleh seluruh elemen pemerintah dan komponen masyarakat desa Kaliprau, Ulujami.

Sementara, Kepala Desa Kaliprau, Purwadi mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT dengan adanya kegiatan ini, rasa syukur diungkapkan langsung saat usai acara dengan menggelar doa bersama di Mushollah Pantai Kaliprau bersama beberapa perangkat desa Kaliprau.

Sebelumnya, pada tanggal 6 Maret 2020 telah dilakukan penanaman bibit pohon cemara laut di lokasi yang sama, tapi sebagian besar tanaman tersebut telah tersapu ombak akibat cuaca ekstrem.

 

 

#poldajateng

#polrespemalang

#kabupatenpemalang

 

 

Reporter : Rizqon Arifiyandi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *