Kado dari Polri untuk masyarakat, Polres Metro sosialisasi layanan SIM Internasional

  • Whatsapp
Kasatlantas Polres Metro AKP Winanni Roniyus Putri ( kiri ) bersama Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati (kanan) usai melakukan sosialisasi SIM Internasional, Jum'at (3/7/20). foto : MM

MITRAPOL.com, Metro Lampung –  Kabar baik bagi masyarakat Kota Metro yang ingin mengurus pembuatan SIM Internasional. Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74, Satlantas Polres Metro melakukan sosialisasi tata cara pembuatan surat izin mengemudi (SIM) Internasional di tengah adaptasi tatanan kehidupan baru atau new normal,Jum’at (3/7/20).

Kasatlantas Polres Metro,AKP Winanni Roniyus Putri mengatakan,salah satu syarat penting dan wajib bagi warga negara indonesia yang hendak berkendara di luar negeri.

“Alhamdulillah, urus SIM Internasional bisa di rumah saja. Ini terobosan kreatif Subdit SIM Korlantas Polri,Masyarakat bisa atau pemohon dapat menggunakan layanan dengan membuka situs registrasi SIM Internasional Korlantas Polri. Pemohon cukup dengan mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui browser di handphone atau komputer,” kata Winnani.

Ditambahkannya,ada syarat lainnya yang wajib diikuti oleh pemohon diwajibkan mengunggah data diri melalui akses internet.

“Syarat-syarat lainnya, yakni dengan melakukan pengisian data diri unggahan foto SIM yang masih berlaku serta KTP, paspor, pas foto dengan warna latar belakang putih dan foto tanda tangan.Setelah data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran untuk melakukan pembayaran SIM Internasional dan biaya jasa pengiriman.Setelah itu, pemohon dapat memilih cara pengambilan SIM Internasional diambil sendiri di Kantor Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman,” tambahnya

Sebagai kata penutup, Winnani menjelaskan bahwa kemudahan pelayanan ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jendral Idham Aziz di era New Normal. Dengan aplikasi Korlantas terbaik sejak 1 Juli 2020, pas di Hari Bhayangkara ke 74, pembuatan SIM Internasional tanpa perlu hadir ke Satpas Korlantas Polri Jakarta, bisa #dirumahaja. Sekaligus Kado HUT Polri untuk masyarakat Indonesia,  tutup Winnani.

 

 

Reporter : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *