Wagub Sulsel hadiri pencanangan gerakan bersama penanganan Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Pencanangan Gerakan Bersama Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Makassar, yang dilaksanakan di Tribun Utama Lapangan Karebosi Makassar, Senin, (6/7/2020).

Pencanangan ini turut dihadiri Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, Anggota Forkopimda, Pimpinan DPRD Sulsel, Rektor Unhas, DPRD Kota Makassar, Forkopimda Makassar, beberapa Bupati dan Wali Kota di Sulsel.

Pj Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, menyampaikan, tujuan dari pencanangan gerakan ini untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19 dengan tingkat kepatuhan masyarakat. Dengan mendorong kepatuhan masyarakat, menjadi kunci untuk mengendalikan Covid-19 di Makassar.

“Kami melakukan tiga kegiatan, yakni edukasi massif ke seluruh masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dan ada empati masyarakat jika ini masalah kita bersama; dilakukan preverentif massif dengan kegiatan rapid tes, tracking dan pembatasan keluar masuk Makassar; dan pengawasan massif lebih tegas dengan mendorong masyarakat mengikuti protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Sasarannya, pada rumah makan/cafe, warkop, pasar tradisional serta tempat umum lainnya di Kota Makassar. Pemkot Makassar, kata dia, akan menerbitkan Perwali Percepatan Pengendalian Covid-19 di Makassar.

Mendukung pencanangan itu, melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, RW, Linmas, Tim Edukastor dan kader Posyandu.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyatakan, ini merupakan jurus kesekian kalinya oleh Pemkot Makassar.
“Saya meyakini jika kolaborasi kita gaungkan, tidak sulit memutus rantai penularan,” ujarnya.

Nurdin Abdullah mengaku dibisiki oleh Wagub Sulsel, terkait adanya pemberian reward kepada wilayah yang bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di tingkat RT/RW dengan tingkat kepatuhan warga dan angka penurunan penyebaran Covid-19.

“Pak Wagub tadi bisikin, idenya bagus. Rewardnya kita siapkan anggaran sebagai bentuk apresiasi, daerah dari zona merah ke zona hijau. Dalam upaya apreasiasi tim bekerja di wilayahnya,” beber Nurdin Abdullah.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mendukung langkah Pemkot Makassar. Ia pun berharap gerakan ini bisa massif dilakukan.

“Ini gerakan harus massif dan nyata di lapangan. Butuh edukator, di hulu teranggarkan dan terukur untuk meningkatkan tingkat kepatuhan warga dalam protapkes,” tuturnya.

 

 

Reporter : Ali Ghugunk/AdPim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *