Adegan demi adegan diperagakan dalam rekonstruksi, Fakta baru muncul dalam Kasus Jhon Kei

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Ditreskrimum Polda Metro Jaya kembali mengelar reka ulang (Rekonstruksi) terkait kasus penyerangan dan pengerusakan yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia yang dilakukan oleh kelompok John Kei terhadap kelompok Nus Kei beberapa waktu lalu.

Kali ini Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengelar reka ulang (Rekonstruksi) disaksiakan bersama tim pengacara (Kuasa Hukum) dari Jhon Kei serta tim dari Kejaksaan tinggi negeri Jakarta.

Dalam reka ulang yang digelar ditemukan beberapa fakta baru dimunculkan, seperti rekonstruksi yang berlangsung di kediaman John Kei yang berlokasi di Perumahan Taman Tytyan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, ternyata John Kei memberikan sejumlah uang sebesar Rp.10 juta kepada anak buahnya berinisial (DF).

“Adegan ke-11 tersangka John Kei memberikan uang sebesar Rp10 juta ke tersangka Daniel,” kata salah satu penyidik membacakan daftar rekonstruksi di lokasi Tityan Indah, Kota Bekasi, Senin (06/07/2020).

Fakta terungkap pemberian sejumlah uang yang diberikan tersangka John Kei, rencananya digunakan untuk transportasi kelompok John Kei saat akan melakukan aksinya di beberapa tempat diantaranya Duri Kosambi dan Perumahan Green Lake.

Dalam rekonstruksi yang digelar di lokasi rumah tersangaka Jhon Kei, polisi memperlihatkan adegan John Kei saat memimpin rapat perencanaan pembunuhan dan penjemputan Nus Kei. Kemudian untuk adegan rekonstruksi selanjutnya, direka adegan saat John Kei yang memimpin rapat dan membahas membahas perihal video yang dibuat oleh kelompok Nus Kei.

“Pada adegan ke-9 pukul 18.00 WIB John Kei memimpin pertemuan dan membahas video penghinaan di akun Instagram Ricard. Pertemuan itu dibahas di portal dekat rumah John Kei,” ungkap penyidik.

Ternyata dalam persiapan serangan yang bertempat di Arcici Sport Center, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, telah direncanakan sebelumnya di kediaman Jhon kei di Bekasi. Di lokasi inilah berlangsung reka ulang berbagai adegan bagaimana persiapan yang dilakukan para anak buah John Kei sebelum aksi penyerangan terhadap kelompok Nus Kei, Minggu (21/06/2020) siang.

Dalam salah satu adegan, tersangka Daniel menyampaikan arahan John Kei kepada rekan-rekannya di lokasi tersebut. “Tersangka Daniel meneruskan perintah dari John Kei untuk para tersangka membunuh Nus Kei,” ujar salah satu penyidik dalam membacakan adegan rekonstruksi.

Dimana tersangka Daniel juga diperintahkan untuk menculik Nus Kei dengan menggunakan mobil Toyota Fortuner yang telah disiapkan. Sedangkan tersangka Arnold membagikan aneka senjata tajam kepada para tersangka lain yang sudah berkumpul.

Menurut keterangan polisi, saat menyerang di kawasan perumahan Green Lake City, anak buah John Kei melepaskan sekurangnya tujuh kali tembakan, merusak gerbang perumahan, dan mengacak-acak rumah Nus Kei. Alhasil, satu petugas sekuriti perumahan mengalami luka karena ditabrak anak buah John Kei dan satu pengendara ojek online tertembak di bagian kaki.

Sedangkan penyerangan di Cengkareng menyebabkan satu anak buah Nus Kei berinisial ER tewas dan satu orang lainnya terluka. Polisi kemudian menangkap John Kei dan 29 anak buahnya di markas mereka di Jalan Tytyan Indah Utama X, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu malam sekitar pukul 20.15 WIB.

 

 

Reporter : BS

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *