Jaga ketahanan pangan, Kapolda Lampung kunjungi Tulang Bawang Barat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tubaba – Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Purwadi Arianto M.Si dan Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono S.S.M.I.Kom, melaksanakan kunjungan ke Desa Pulung Kencana, Kec. Tuba Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung. Kamis, (09/07).

Kegiatan yang mengambil tema”Masyarakat Produktif Wujudkan ketahanan Pangan Tulang Bawang Barat”, dihadiri oleh Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono S.S.M.I.Kom., Bupati Tuba Barat Hi. Umar Ahmad SP., Dandim 0412 Letkol INF Krisna Pribudi, Danlanud M.Bunyamin diwakili oleh Kadisops Kapten POM Adi Firmandi., PJU polda Lampung, Kapolres Tubaba, Pabung Kodim 0412 Mayor INF A.Sunarya, Danramil 412-01 dan 412-05., Kapten Arh Edi subaryat, Kapten INF Heri Purnomo., SKPD Pemkab Tuba Barat, Kepala Desa Pulung Kencana Hendrawan S.H., Tokoh Adat Pak Tulang Bawang Barat, serta para tamu undangan.

Sebelum melakukan kunjungan dilaksanakan Vicon (Vidio Confrence) dengan Panglima TNI dan Kapolri di Hotel Berugo Cottage, selanjutnya dilakukan penyerahan piagam dari Kapolri ke Bupati Tuba Barat yang diserahkan oleh Kapolda Lampung, Selanjutnya Rombongan Menunuju lokasi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Pulung Kencana rk 6 Kec.Tuba Tengah untuk meninjau Panen Raya cabe, Jamur dan tebar benih ikan Lele.

 

Dengan menyikapi Pandemi Covid-19 yang telah menjadi wabah bagi hampir seluruh masyarakat Dunia, Pemerintah Tulang Bawang Barat dengan sigap melakukan upaya antisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini telah memasuki Era New Normal.

Dampak dari wabah covid-19 sangat berpengaruh pada sektor Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan, Pemkab Tuba Barat mendukung Penuh serta memfasilitasi Program Kampung Tanguh Nusantara yang dibentuk oleh Polri dan dalam pelaksanannya dibantu oleh TNI serta seluruh jajaran Pemerintah dan Masyarakat dalam menjaga Ketahanan Pangan Dalam masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan Panen Raya, Peternakan dan Perkebunan pada hari ini merupakan salah satu wujud nyata sikap Polri bersama TNI dan Pemerintah daerah dalam mewujudkan Ketahanan Pangan masyarakat untuk menghadapi era new Normal serta menangulangi dampak buruk dari Virus Covid-19.

Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad SP, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Bumi Ragem saimangi Wawai Kabupaten Tulang Bawang Barat Kepada Kapolda Lampung Beserta jajaran dan Komandan Korem 043 Gatam serta menyucapkan terimakasih kepada bapak Kapolda Lampung karna telah membentuk Tiyuh Pulung Kencana sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

“Semoga apa yang kita bangun bersama dapat mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang Barat yang memiliki Ketahanan Pangan dan dapat memutus mata rantai penularan wabah Covid-19,” ujarnya.

Danrem 043/Gatam dalam sambutannya mendukung sepenuhnya Kampung Tangguh ini serta berharap bukan sekedar tangguh di bidang pangan saja tapi juga di bidang-bidang yang lain, ini semua harus didukung oleh unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menumbuhkan kemampuan masyarakat untuk ketahanan pangan dengan selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta menerapkan protokol kesehatan di masyarakat.

“Bahwa Provinsi Lampung dalam Penangan Konflik menduduki Peringkat 1 (satu) itu merupakan hasil dari kerja sama kita semua, memasuki Era New Normal kita semua tetap fokus dalam penaganan penyebaran virus covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Danrem.

Sementara Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Purwadi Arianto M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati beserta Perangkatnya, Forkopimda dan DPRD Tuba Barat serta seluruh masyarakat yang telah mendukung pembentukan dan pembangunan mako Polres Tulang Bawang Barat, pada kesempatan ini saya juga menyampaikam bahwa Provinsi Lampung mendapat peringkat Pertama Pencegahan Wabah Virus Covid-19 di tingkat Nasional.

“Ini merupakan peran tim gugus tugas dengan kepala tim pak Gubernur, saya serta Danrem dengan unsur-unsurnya serta para Bupati, Kapolres, Ketua DPRD Provinsi dan Kota kita semua dalam saling mengisi dan melengkapi untuk menjaga masyarakat kita tetap Produktif dan Aman,” katanya.

Dalam kehidupan bahwa manusia memerlukan 5 hal yaitu:

Pangan, Sandang, Papan, aktualisasi diri dan rasa aman. ini adalah kebutuhan dasar manusia, dengan terpenuhinya unsur tersebut maka masyarakat menjadi Produktif, dengan adannya Kampung tangguh Nusantara ini sangat tepat pada masa Pandemi Covid-19 sehingga dapat membantu kebutuhan pangan masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang ada.

“Saya berharap dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara ini akan menginspirasi dan muncul kampung tangguh di kabupaten atau tempat lainnya, saya menghimbau kepada masyarakat dalam menyikapi kehidupan New Normal tetap patuhi Protokol Kesehatan dalam melakukan kegiatan dengan selalu menjaga kebersihan, memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak, mengomsumsi makanan bergizi serta berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, dan untuk menghindari penyebaran Virus Covid-19,” imbau Kapolda Lampung.

 

 

Reporter : Adi M/ Deni Andestia/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *