Sejumlah Kepala Desa beserta Perangkat Desa datangi kantor Dinas Pendidikan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Sejumlah Kepala Desa beserta Perangkat Desa mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Selasa (7/7).

Kedatangan para Kepala Desa guna menyampaikan bagaimana agar di Desa Klampising nantinya bisa dibangunkan sarana prasarana seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dalam kesempatan ini Frengki Efendi kepala Desa Kalumpising mengucapkan banyak terima kasih atas penyambutan Kadis Pendidikan Kabupaten Nunukan, kelompok Desa Klampising bersama Kepala Desa lainya menyampaikan tentang bagaimana di kelompok Desa Klampising nantinya bisa dibangunkan sarana prasarana seperti Pendidikan usia dini ( PAUD ) agar nanti bisa dibangun khususnya kelompok Desa kalampising,” ucap Frengki

Lanjut Frengki, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah kabupaten melalui Dinas Pendidikan bahwa akan dibangunkan sebuah Ruangan Kelas Belajar (RKB) berada di SD 005 Lumbis yang berlokasi di Desa klampising Semoga nanti pembangunan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan adanya fasilitas sarana prasarana untuk memperlancarkan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut, ungkapnya.

Kalau sekolah di sana ya di wilayah Desa klampising Menurut pengamatan Kami selaku kepala desa baik dari tenaga pendidik atau fasilitas yang kalau kita katakan katagori akreditasi itukan dinilai mulai dari gurunya dan Siswanya serta sarana prasarananya meskipun keterbatasan fasilitas yang ada yang mereka masih maksimalkan untuk mendidik anak-anak yang ada disana.

Menurut Yonatan ST. Kasi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nunukan, dari hasil pertemuan Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah Kepala Desa mewakili dari Kecamatan lumbis khususnya di desa Kalampising mereka datang untuk Menindaklanjuti bahwa tahun ini 2020 akan ada di bangun pembangunan Ruangan Kelas Belajar (RKB) yang bersumber dari (Dak) Dana Alokasi khusus dan khususnya di SD 05 Desa kalampising tahun 2020 ini memang kita ada bangun 3 lokal RKB di desa kalampising tahapan pelaksanaannya kita tinggal menunggu aja informasi dari Kementerian yang batas waktunya sampai tanggal 21 Juli 2020, ucap Yonatan

Menanggapi apa yang disampaikan Apa itu terkait dengan masalah kegiatan pembangunan RKB ini mereka mempertanyakan tentang prosedur pelaksanaan.

Menyampaikan bahwa memang kegiatan ini dilaksanakan murni swakelola sebagai penanggung jawab itu adalah kepala sekolah dan menyampaikan bahwa Alangkah bagusnya dari pihak sekolah memang untuk melibatkan masyarakat yang ada di 3 Desa yaitu desa kalampising Desa Sedona dan Desa Sesibu karena memang dari kegiatan ini adalah kegiatan swakelola.

Memang ada bagusnya para kepala desa ini datang mendatangi Dinas Pendidikan karena Mereka sendiri yang melihat dan mengetahui secara langsung kondisi sarana dan prasarana dan Proses belajar mengajar yang ada di SD.05 desa kalampising kecamatan Lumbis kabupaten nunukan.

Pada khususnya dan selain itu juga mereka datang untuk Menindaklanjuti dan mempertanyakanApakah bisa Pemerintah Kabupaten dalam hal ini untuk menganggarkan pembangunan TK dan Paud yang ada di desa kalampising dari sarana prasarana sendiri siap aja untuk menampung usulan dalam hal pembangunan fisik TK atau Paud yang di maksud oleh tiga kepala desa dengan catatan bahwa izin operasional Memang udah selesai dan itu sudah termasuk daftar dalam sistem pembelajaran yang ada dinas pendidikan,” ujar Yonatan.

Lanjut Yonatan jabatan Kasi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan kabupten nunukan, karena kalau izin operasi diterbitkan percuma juga kami dari sarpras dinas pendidikan untuk memprogramkan pembangunan fisik TK dan PAUD tersebut.

Menurut H. Junaidi. SH kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan bahwa dengan Hadirnya sejumlah kepala desan dan perangkatnya sunggu luar biasa turut membantu pemerintah memperhatikan sarana dan prasarana pelayanan Pendidikan dan pelayanan Dasar tahun 2020 khususnya di SD.05 kalumpising itu ada Pembangunan yang Anggarannya bersumber dari Anggaran DAK.

Kepala Desa oni berniat baik memperdayakan masyarakat disana dan kepala desa bisa berkordinasi dengan pihak kepala Sekolah sebagai pengelola swakelola.

Kepala sekolah bisa memperdayakan masyarakat setempat seperti Tukang dan kepala desa juga bisa bersinergis dengan pihak sekolah rapat berama komite sekolah agar supaya tenaga tenaga pekerjanya bisa memperdayakan masyarakat setempat.

Lanjud Junaidi bahwa Masalah PAU dan TKA ini Rencana mau dibangun disana memang merintis awalnya harus ada dulu proses belajar mengajar.

Itukan ada Anggaran Dana Desa (ADD) digunakan untuk pembangunan sekolah dan.memang dianjurkan ada Juknisnya untuk pembangunan sarana prasarana pendidikan.” ujar H. Junaidi. SH.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *