Tingkatkan pelayanan, BPPRD Nunukan siapkan Mobil Samsat keliling

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Nunukan, menerapkan pelayanan jemput bola dengan menyiapkan Mobil Samsat Keliling ke sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Nunukan.

Kepala Unit Pelaksana Tehnik Daerah (UPTD) Badan Pengelolah Pajak Kabuparten Nunukan, Elyanto didampingi Kasi Pembukuan dan Penagihan Hadi, menjelaskan bahwa hadirnya Mobil Samsat Keliling merupakan angin Segar bagi warga yang jauh dari Kantor Samsat Induk.

Lanjutnya, tujuan dari Samsat keliling tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada publik, khusuanya untuk pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda dua dan Empat.

Tujuan kedua adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat atau wajib pajak yang domisilinya jauh dari Kantor Samsat Induk.

Kasi Pembukuan dan Penagihan, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (UPDT) Nunukan, Hadi, menyampaikan bahwa Samsat keliling ini adalah salah satu pelayanan jemput bola khusus bagi warga yang tidak terjangkau, misalnya daerah Mamolo.

“Jadi kita berikan pelayanan jemput bola untuk memudahkan mereka membayar pajak. Sementara yang kita layani di Samsat keliling ini pajak tahunan saja, kalau pajak Lima tahunan itu ada prosesnya lagi yaitu cek fisik kendaraan oleh Kepolisian sebagai mitra kami dan data juga teman-teman kepolisian yang tahu,” kata Hadi, jumat (17/7).

Kita sudah melakukan survei lokasi yang layak tempat atau posko Samsat keliling menyebutkan untuk jadwal Pelayanan Samsat Keliling sementara saat ini di Nunukan kita buka didepan Bank BPD Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan, Nunukan Selatan setiap hari Senin dan Rabu, kemudian didepan Perumahan KPN atau simpang tiga arah sungai jepun itu hari Selasa dan Kamis, pada hari Jumat kita di Tana Mera Depan PLBL Liem Hie Djung Nunukan Utara.

Karena baru satu bulan kita berjalan, jadi jadwalnya sementara baru itu saja saat ini. Bahkan kita belum melakukan sosialisasi ke Masyarakat namun hal itu akan kita pikirkan kedepannya seperti apa sosialisasi kita mungkin melalui Media atau Radio, sementara kita menggunakan Papan C.

Untuk kedepan, pihaknya akan melakukan sistim jemput bola, begitu juga di Pulau Sebatik yang memiliki Lima Kecamatan, disana juga kendaraan Roda Dua mencapai puluhan ribu dan kendaraan Roda Empat mencapai ratusan, pungkasnya

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *