Lestarikan Budaya, Pemdes Kaliprau-Ulujami Wayangan gelar Wayang Golek

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pemalang – Pemerintah Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang melaksanakan pagelaran wayang golek dengan dalang Ki Suryoningrat dari Pemalang di halaman kantor desa, Senin siang (20/7).

Kepala Desa Kaliprau, Purwadi menyampaikan bahwa pagelaran wayang golek ini dilaksanakan dalam rangka ruwat bumi atau ruwat desa yang dilaksanakan setiap 8 tahun sekali yang sudah menjadi tradisi masyarakat kaliprau.

Selain itu, Purwadi ingin memperkenalkan kembali budaya jawa yang sudah lama dilupakan oleh masyarakat, terutama bagi generasi muda penerus bangsa.

“Budaya jawa sangat luar biasa, salah satunya adalah budaya wayang golek, kami ingin menghidupkan kembali budaya jawa di tingkat desa agar generasi pemuda tetap membudidayakan tradisi budaya dan kesenian,” katanya.

Lanjutnya, ini merupakan naluri warga masyarakat desa yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak nenek moyang bahwa acara ruwat desa ini merupakan acara sakral bagi masyarakat. Masyarakat mempercayai, bahwa acara ruwat desa merupakan salah satu usaha untuk terhidar dari mara bahaya.

Purwadi, selaku kepala desa mengucapkan terimakasih kepada masyarakat kaliprau, staff dan perangkat desa, pihak TNI-Polri yang sudah membantu terselenggaranya acara ruwat bumi.

Sekretaris Camat Ulujami, Mujianto, S.IP saat acara berlangsung sangat mendukung apa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa kaliprau karena masih memegang teguh pelestarian budaya.

“Merupakan wujud pelestarian budaya desa dalam mengharapkan keselamatan dan keberkahan desa dalam menghadapi bencana pandemi covid 19 yang dikemas dalam ruwat bumi”. Ujarnya.

Pegelaran wayang golek tersebut juga disampaikan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 29 tahun 2020 tentang pedoman New Normal oleh dalang Ki Suryoningkrat.

Poin Perbup no 29 tahun 2020 di antaranya memberikan ruang kebebasan kepada kegiatan sosial, seni dan budaya dengan mengedepankan protokol kesehatan karena penting untuk disosialisaikan kepada masyarakat Kabupaten Pemalang.

Acara pagelaran wayang golek dimulai pukul 10 pagi sampai 4 sore. Hadir dalam acara tersebut Forkopimca Kecamatan Ulujami.

 

 

Pewarta : Rizqon Arifiyandi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *