Bahas Oprit Jembatan Pacongkang, Wagub Sulsel dan Bupati Soppeng turun langsung ke lapangan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Soppeng Sulsel  – Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng telah memasuki tahap pengerjaan. Jembatan itu menghubungkan antara Desa Pacongkang, Kecamatan Liliriaja dan Desa Kampiri, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng

Sebelum dikerjakan, kondisi jembatan itu sangat memprihatinkan. Banyak bagian jembatan yang tampak rapuh dan hilang. Plat besinya pun tidak lagi tersusun rapi. Kondisi itu sangat membahayakan bagi masyarakat yang melintas.

Hal itu pun sempat dikeluhkan oleh masyarakat selama bertahun-tahun, karena menjadi sarana yang dilewati masyarakat setempat.

Selasa, 21 Juli 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meninjau tahap pengerjaan jembatan itu. Ia didampingi Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak, serta unsur Forkopimda Kabupaten Soppeng.

Kunjungan orang nomor dua di Sulsel kali ini sebagai bentuk pengawalan program prioritas Pemprov Sulsel.

Rencananya, struktur ini nantinya, jembatan rangka baja pelengkung ke atas. Untuk tahun 2020 ini, dilakukan konstruksi tumpuan jembatan di kedua sisinya. Butuh clear area oprit jembatan berdampak pembebasan lahan di kedua ujung jembatan untuk free access konstruksi. Pembebasan lahan Oprit tahap pertama sekitar empat rumah dan satu tiang listrik perlu direlokasi.

“Saat ini pembangunan tahap awal, dimulai dari bawah struktur jembatan. Tahun selanjutnya akan diprogramkan untuk bagian pembangunan selanjutnya,” ungkap Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Jembatan ini nantinya, kata Andi Sudirman, akan memberikan manfaat untuk masyarakat Kecamatan Citta, yang bisa membuka akses wisata ke permandian Citta.

“Insya Allah kedepan akan lebih baik. Insya Allah Pak Bupati akan membantu pembebasan lahan milik warga di area oprit,” sambungnya.

Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak, menyampaikan dukungannya kepada pemerintah provinsi dalam membangun jembatan Pacongkang. Ia pun langsung merespon cepat soal pembahasan jembatan Pacongkang dan akan membantu menyelesaikan pembebasan lahan yang digunakan sebagai oprit jembatan.

“Insya Allah kita akan mengawal pembebasan lahan. Kami Pemerintah Kabupaten Soppeng berkomitmen untuk membantu pemerintah provinsi agar pembangunan jembatan dapat berjalan,” terangnya.

Di kesempatan itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman pun menitipkan pesan kepada tim konstruksi agar terus berkoordinasi dengan Bupati dan Forkopimda Kabupaten Soppeng. Termasuk memastikan protap kesehatan dijalankan selama pengerjaan dalam upaya penanganan Covid-19.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk/AdPim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *