Bupati Butur salurkan bantuan paket sembako bagi Pedagang dan IKM

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Buton Utara – Pemerintahan Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) mendapatkan 1000 paket sembako bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Prov Sultra untuk Pedagang dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak Covid 19. Bupati Butur Abu Hasan, menyalurkan paket bantuan secara simbolis di Kantor Disperindag Butur, Kamis (16/7).

“Niat dan tulus tim dari provinsi untuk membawa bantuan ke Butur saya sangat apresiasi,” jelasnya.

Menurut Abu Hasan, bantuan dari pemerintah provinsi sangat besar manfaatnya. Hal ini dapat menambah kekuatan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid 19 karena seluruh masyarakat dari elemen manapun terkena dampak.

Orang No.1 di Butur ini tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Terlebih para pedagang dan pelaku usaha yang bergeliat di pasar minaminanga butur.

“Butur ini harus kita jaga bersama dari penyebaran virus. Tadi malam saya dapat laporan bahwa kurang lebih ada tiga warga Butur yang positif covid 19. Ada warga Papua yang mau pulang lebaran haji. Sementara saya sudah menghimbau orang di perantauan sejak Idul Fitri yang lalu untuk tidak pulang kampung. Sebab Butur ini zona hijau, zona putih, kalau bukan pelaku perjalanan daerah kita ini aman dari virus,” ungkap.

Seluruh masyarakat diminta untuk tetap memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi kerumunan yang tidak berfaedah. Pasien terpapar covid semua dari luar daerah, datang membawa wabah virus di butur.

Menurutnya bantuan saat ini adalah yang terbesar dari provinsi. Dinas terkait diminta mengatur hal teknis dengan sebaik baiknya agat tepat sasaran sehingga konfik tidak terjadi dikalangan pedagang dan IKM.

“Jangan sampai dikalangan pedagang kecil iri terhadap pedagang besar. Bantuan dari pemerintah ini diturunkan dengan niat baik, agar tidak terjadi saling iri tengah tengah masyarakat. Walaupun bantuan selalu turun tetapi warga harus terus tetap bekerja, untuk melanjutkan hidup sebagaimana biasa,”

Kadis Perindag Provinsi melalui Kasi Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Dinas Peindag Prov. Sultra, Sulkifli Saleh menuturkan bantuan ini tujuannya untuk meringankan beban ekonomi para pelaku usaha kecil. Untuk selalu bisa melakukan aktivitas normal.

“Sebelumnya Kadis Perindag Butur meminta bantuan sebesar 1500 paket. Akan tetapi kami hanya mampu membawa 1000 paket bantuan. Untuk gelombang kedua semoga pihak pemda butur bisa mengusulkan lagi,”

Penerima bantuan sembako ini telah diverifikasi dan diseleksi sebanyak 3 kali. Atas keabsahan KTP dan sesuai profesi. “Kami juga konfirmasi Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Provinsi tentang data penerima bantuan di kabupaten Butur,”

Kadis Perindag Kabupaten Butur, Sabran menambahkan jumlah penerima bantuan dari kalangan pedagang sebanyak 878 orang dan dari IKM sebanyak 122 orang. Perpaket terdiri dari 5 kg beras, mie instan (intermie) 2 Bal, minyak goreng 6 liter, Gula Pasir 1 kg, Tepung Terigu 2 kg, Ikan Kaleng 10 buah, dan susu kental manis 2 kaleng,”jelasnya

“Paket bantuan ini untuk enam 6 Kecamatan yakni Kecamatan Kulisusu 699 Paket, Kecamatan Kulisusu Barat 75 Paket, Kecamatan Kulisusu Utara 105 paket, Kecamatan Bonegunu 33 paket, Kecamatan Kambowa 22 paket dan Kecamatan Wakorumba Utara 66 paket,” tutupnya.

 

 

Reporter : Davit Wiridi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *