Mendagri : Secara keseluruhan Papua sudah sangat berkembang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof. Mahfud MD didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Tito Karnavian Dan Wakapolri Komjen.Pol Gatot Eddy Pramono, dalam kunjungan kerjanya di Timika, Papua melakukan silaturahmi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua, dan Tokoh Masyarakat guna memberikan pemahaman tentang Otonomi Khusus (Otsus) di Papua.

Didalam pertemuan silaturahmi tersebut. dilakukan sesi tanya jawab antara Menteri, Forkopimda dan Tokoh Masyarakat yang hadir terkait masa depan Otsus Papua Jilid II.

Mendagri Tito Karnavian menyatakan, saat ini secara keseluruhan, daerah Papua sudah sangat berkembang. Selain itu pemerintah juga lebih memprioritaskan daerah papua dibanding daerah lainya di Indonesia.

“Anggaran percepatan pembangunan di Papua mendapat penambahan 2% dari dana alokasi umum (DAU) Nasional. Misalnya di Tahun 2020, Papua menerima anggaran lebih dari 15 triliun. 8 triliun diantaranya adalah ada pada dana Otsus. Hal yang sama juga di Papua Barat yang menerima 9,3 triliun. 5 triliun diantaranya juga dana Otsus,” kata Mendagri Tito menanggapi pertanyaan dari tokoh masyarakat di Rimba Papua Hotel, Timika, Rabu, (22/7) malam.

Mantan Kapolri ini menjelaskan, dengan pemberian anggaran yang cukup besar ini menunjukan keseriusan dari Pemerintah Pusat dalam percepatan pembangunan di wilayah papua untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Mendgari menegaskan bahwa undang-undang otsus lebih mengkhususkan dan memprioritaskan orang Papua.

“Contohnya, undang-undang otsus perjelas bahwa yang menjadi Pemimpin di papua harus Orang Asli Papua OAP, ini sangat istimewa kepedulian pemerintah. Jadi, dapat kita ketahui bersama bahwa Indonesia telah memprioritaskan Papua dibandingkan dengan daerah lain,” pungkasnya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *