Operasi Patuh Jaya 2020 resmi dimulai, Masyarakat diminta patuh berlalulintas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya gelar apel dimulainya “Operasi Patuh Jaya 2020”. Sebanyak 2.607 personel yang erdiri dari Satuan Tugas (Satgas) 800 personel dan Satuan Tugas Resort (Satgasres) 1.807 personel yang akan diterjunkan dalam operasi tersebut.

Operasi yang tersebar di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta dan sekitarnya itu akan berlangsung selama 14 hari, mulai hari ini hingga (05/08/2020) kedepan.

“1.807 personel Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Nana Sudjana dalam sambutannya dalam Apel Operasi Patuh Jaya 2020 di lapangan Promoter Ditlantas PMJ, Kamis (23/07/2020).

Kpolda Metro Jaya juga meminta, dalam operasi tersebut nantinya, petugas harus mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan di lapangan, untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

“Kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 pada masa adaptasi kebiasaan baru. Berkurangnya jumlah penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat pada situasi adaptasi kebiasaan baru dan pelanggaran serta kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ungkap Nana.

Nana menjelaskan, alasan pihaknya kembali menggelar operasi ini karena telah meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dimana telah terjadi 4.708 kecelakaan lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya hingga Juni 2020. Sementara jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 432 ribu.

“jajarannya akan fokus menindak pelanggaran yang dilakukan pengendara motor, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, melanggar marka stop line, menggunakan sirine atau rotator tak sesuai ketentuan, dan melintas di bahu jalan tol,” jelas Nana

 

 

Reporter : BS

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *