Update Covid-19 Mimika : Terkonfirmasi 14 kasus baru, 9 diantaranya dari penumpang baru tiba dengan pesawat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika, Papua tercatat hingga saat ini memasuki hari ke-124 sejak ditemukan kasus pertama bertambah naik menjadi 493 kasus. Khusus dalam 24Jam terakhir di hari Jumat 24 Juli 2020 tim Satgas Covid-19 Mimika melaporkan terdapat 14 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari penambahan 14 kasus tersebut, 9 kasus terdeteksi dari pelaku perjalanan yang baru tiba dari Makassar, Sulawesi Selatan dengan menggunakan Maskapai Penerbangan.

Hal ini diutarakan langsung oleh Renold Ubra selaku Jubir Covid-19 Mimika kepada wartawan melalui video conference.

Ubra menyatakan, sembilan orang tersebut terdeteksi kasus import yakni hasil tracing terhadap penumpang maskapai penerbangan saat baru tiba dari Makassar pada Selasa (21/7) lalu di Bandara Mozes Kilangin Timika.

“Secara keseluruhan ada penambahan 14 kasus positif, sembilan adalah pelaku perjalanan dari Makassar, salah satunya satu orang karyawan hendak kembali bekerja,” kata Jubir Reynold kepada wartawan melalui video conference, Jumat (24/6) malam.

Jubir menerangkan, para penumpang yang baru dari Makassar tersebut sebenarnya membawa surat bebas Covid-19, namun karena menunjukkan gejala, sehingga para penumpang dilakukan dites ulang di bandara Timika dan ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami akan menyurati pihak maskapai agar meminta daftar nama-nama penumpang untuk dilakukan pelacakan,” terangnya.

Jubir menyebutkan, Salah satu pelaku perjalanan yang kini jadi pasien Corona tersebut diketahui telah melakukan kontak erat dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

“Kita sudah lakukan tracing dan tes PCR, ternyata satu keluarga tersebut dinyatakan positif Covid-19,” jelasnya.

Dengan bertambahnya 14 kasus baru tersebut maka jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika secara kumulatif sebanyak 493, diantranya sembuh sebanyak 422, Jumlah orang yang meninggal 6 orang dan pasien yang masih dirawat 63 orang.

Atas bertambahnya kasus Covid-19 di kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Yakni menerapkan 3M, diantaya, Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Untuk diketahui, Pemkab Mimika saat ini masih menerapkan percobaan masa new normal tahap ke-dua dan dijadwalkan untuk dievaluasi kembali pada Tanggal 30 Juli 2020 mendatang.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *