Beraksi di Tanjakan Gayau, Pelaku pungli ditangkap Polsek pugung

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tanggamus – Jajaran Polsek Pugung Polres Tanggamus mengamankan seorang pria berinisial EJ (30) warga Pekon Gunung Terang, Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) di Jalan Lintas Area Tanjakan Gayau Kecamatan Bulok, Minggu (2/8/20).

Dari pria 30 tahun  itu juga turut diamankan sebuah ember dan uang tunai Rp.59 ribu, terdiri dari 1 lembar pecahan Rp 10 ribu, 4 lembar pecahan Rp. 5 ribu, 9 lembar pecahan Rp. 2 ribu, 3 lembar pecahan Rp.1000 dan 3 koin rp.500.

Dalam penangkapan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pugung Ipda Okta Devi, SH.,MH, itu petugas juga mengamankan sebuah senjata replika jenis pistol warna abu-abu berbahan mirip airsoftgun.

“Pelaku diamankan di area Tanjakan Gayau Pekon Gunung Terang Kecamatan Bulok, siang tadi sekitar pukul 11:30 WIB,” jelas Ipda Okta Devi mewakili Kapolres Tanggamus , AKBP oni Prasetya SIK .

Kapolsek mengungkapkan, penangkapan berdasarkan pengaduan masyarakat melalui call center 110 An.ridwan dengan nomor pengaduan : C 2008.01677751 bahwa disepanjang jalan , gunung terang menuju arah jalan antar brak kecamatan limau Tanggamus ada aksi premanisme dengan cara meminta uang .

Adapun permintaan uang merupakan retribusi ilegal dengan dalih perbaikan jalan,dimana menurut info pelapor jika tidak diberikan ,tidak jarang mereka melempar kata umpatan dan ancaman pengrusakan kendaraan yang melintas.

Kemudian, info tersebut menyebutkan bahwa pelaku tersebar dibeberapa titik dan biasanya berobrasi 2- 4 orang pertitik sepanjang jalan tersebut.

“Atas laporan tersebut, dilakukan penyisiran dan saat melintas di tanjakan gayau menemukan dan melihat seorang laki-laki yang sedang memegang ember dipinggir jalan , kemudian orang tersebut diamankan dan meminta uang kepada pengendara mobil yang melintas dengan dalih perbaikan jalan,” ungkapnya.

Kapolsek menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan TKP, pelaku tidak melakukan aktivitas pengurukan, juga ditemukan tenda tempat berteduh dan tempat tenda tersebut di robohkan.

Jadi modus pelaku seorang diri berdiri diarea jalan rusak memegang ember, dan juga senjata replika untuk menakuti pengguna jalan tersebut.

“Saat ini pelaku telah dilimpahkan kepada satreskrim polres Tanggamus guna penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya

 

 

Pewarta : Mashuri Ys

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *