HUT ke-111 Muhammadiyah, Wakil Ketua DPRD Metro : Kita dipersatukan dalam bingkai NKRI

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Muhammadiyah ke-111, Genial.ID menggelar kegiatan diskusi malam Senin dengan menghadirkan Wakil Ketua 1 DPRD Anna Morinda, Minggu (2/8/2020) malam.

Kegiatan diskusi bertema Marhaenis Muhammadiyah tersebut diselenggarakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom dengan metting ID 598 337 6505.

Dari informasi yang dihimpun, Webinar tersebut dimulai pukul 19.30 dan berakhir pukul 21.30 WIB.

Dalam Webinar tersebut Anna Morinda menyampaikan bahwa lahirnya Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Partai Nasional Indonesia (PNI) di era 1920 telah memberikan kontribusi bagi bangsa sehingga mendorong lahirnya sumpah pemuda di 1928 dan kemerdekaan RI di 1945 .

“Kesadaran bahwa kita berbeda justru diikat dan dipersatukan dalam bhineka tunggal ika, dalam bingkai NKRI. Semalam saya hadir memenuhi undangan rekan-rekan Genial ID dalam seminar daring bersama Prof, Munir Mulkhan, mas Edy Wiyanto, Mas Fauzan Amar, mbak Ulfa Mawardi, mas Yayan dan teman-teman. Dalam dialog itu kami membedah Marhaenisme Muhammadiyah yang sebenarnya bukan hal asing ditelinga kita. Sebagaimana kita tahu Soekarno, sebagai pencetus marhaenisme adalah salah satu pendiri bangsa merupakan kader Muhammadiyah dimasanya,” jelas Anna.

Wanita yang juga merupakan Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut menceritakan buah pengetahuan yang ia miliki soal masa pengasingan Sukarno di Bengkulu.

“Ketika dalam pengasingan di bengkulu, beliau mengajar di sekolah Muhammadiyah dan menjadi pengurus Majelis pendidikan Muhammadiyah. Secara substantif Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah dengan semangat alma’un, membela kaum mustadzafin memiliki nafas yang sama dengan PDIP yang juga menjiwai semangat membela wong cilik. Pada titik ini, kader bangsa yang berkhidmat melalui PDIP sesungguhnya mereka yang sedang memperjuangkan cita-cita luhur Muhammadiyah melalui jalan lain dan pada akhirnya bermuara mencari ridho Allah SWT,” tandasnya.

Diketahui, dalam kegiatan web seminar yang dipandu oleh Dr. Ulfa Mawardi itu juga menghadirkan Yayan Sopyani Al Hadi selaku pimpinan umum Genial ID dengan diawali oleh sambutan Faozan Amar selaku Koordinator Marmud.

Dalam seminar web itu juga, Genial ID menghadirkan 3 narasumber diantaranya ialah anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Dr. Edy Wuryanto, kemudian Wakil Ketua 1 DPRD Kota Metro Hj. Anna Morinda, SE., MM, dan terakhir ialah Prof. Dr. A Munir Mulkan seorang penulis buku Marhaenis Muhammadiyah.

 

 

Reporter : MM/Rilis)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *