Karang Taruna Kampung Bandar Sakti luncurkan produk unggulan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lamteng – Secara umum karang taruna memiliki beberapa tugas pokok diantaranya penyelenggara usaha kesejahteraan sosial, penyelenggara pendidikan dan pelatihan masyarakat, penyelenggara pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan pengembangan jiwa kewirausahaan, pemberi pengertian, pemupukan dan pengembangan kesadaran tanggung jawab, penumbuh dan pengembang semangat kebersamaan, pemupuk kreativitas generasi muda, penyelenggara rujukan, pandamping dan advokasi sosial, penguat sisitem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan, penyelenggara usaha-usaha pencegahan permsalahan sosial.

Dari sekian tugas pokok tersebut, karang taruna Kampung Bandar Sakti berhasil menciptakan peluang bisnis yang memberdayakan anggota dan warga sekitar. Pada awalnya, usaha kripik pisang ini hanyalah sebagai media percobaan saja. Akan tetapi, percobaan itu berhasil berkembang dan menjadi produk unggulan karang taruna yang baru saja diresmikan kelegalitasnnya.

Yogo selaku sekertaris Karang Taruna kampung Bandar Sakti mengatakan,”Dengan Brand Banana Sakti kripik tersebut laris manis terjual di kawasan kampung Bandar Sakti dan sekitarnya. Ini tidak terlepas dari teknik penjualan yang memanfaatkan media sosial seperti FB, IG, Twitter, WA yang dimiliki oleh anggota.”

Dengan menyebarkan dan mempromosikan produknya, kripik pisang Banana menjadi langganan dari semua kalangan.

Rencananya kripik pisang Banana Sakti akan dipatenkan dan diberi penguatan secara hukum agar produk tersebut benar-benar legal. Rencana ini sangat didukung oleh Pj kepala Kampung Muhpian. Pj kepala Kampung Bandar Sakti siap membantu untuk mematenkan produknya agar dapat lebih dipercaya oleh para konsumen.

Secara rinci, kripik pisang yang di produksi oleh Karang Taruna dikerjakan secara tradisional. Itu semua lantaran keadaan dana yang minim sehingga mereka tidak dapat membeli peralatan canggih untuk mendorong hasil produksi skala besar.

Kripik pisang Banana Sakti masih memproduksi kurang lebih 8kg perhari. Hasil produk tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan permintaan pasar yang sangat besar. Sehingga produknya hanya terjual habis oleh beberapa pesanan saja. Terlebih, kurangnya tenaga dalam penggarapan juga memberikan dampak tersendiri.

Pisang yang digunakan oleh Banana Sakti yaitu pisang Kepok Pisang ini memiliki fisik yang lebih besar dibanding pisang Gajih pada umumnya. Terpilihnya pisang tersebut tentu memiliki alasan tersendiri.

 

 

Pewarta  : Dhm

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *