Syafril Batubara : Tidak ada penumpukan Perkara di PN Medan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan Sumut –  Pengadilan Negeri Medan memastikan tidak ada penumpukan berkas perkara saat masa pandemi Covid 19. Semua perkara telah disidangkan secara virtual atau online.

Humas Pengadilan Negeri Medan, Syaril Batubara, Kamis (06/08/2020) mengatakan, PN Medan menggelar persidangan secara virtual atau online, untuk mencegah wabah Covid-19.

“Persidangan tetap seperti biasa ada majelis hakim, jaksa maupun penasehat hukumnya sedangkan terdakwa dihadirkan dimana ia dititipkan atau ditahan, ” jelas Syafril.

Lebih lanjut dikatakan,  pihak PN Medan telah berkordinasi dengan penuntut dalam penanganan kasus perkara pidana umum, jadi bila masa penahanannya tinggal 10 hari itu baru dilimpahkan ke pengadilan.

“Ini salah satu cara untuk mempermudahkan persidangan dan itu biasanya tidak sampai satu atau dua bulan sudah selesai,”ucapnya.

Sedangkan untuk pidana khusus atau korupsi juga sama, dimana terdakwanya juga dihadirkan secara virtual atau online.

Tak jauh berbeda dengan persidangan keperdataan, PHI dan perikananan juga diberlakukan sama termasuk dalam menghadirkan saksi.

“Jadi pihak pengadilan melalui panitera telah mengatur semua jadwal persidangan sehingga mengantisipasi penumpukan atau antrian persidangan,” pungkasnya .

 

 

Pewarta : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *