Personel gabungan Polres Tanggamus bersihkan material longsor di Semaka

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tanggamus – Polres Tanggamus menerjunkan personel gabungan membantu memberikan material banjir dan longsor di Pekon Way Kerap serta Pekon Sedayu, Semaka, Kamis (6/8/20).

Gelaran bakti sosial  baksos) guna membantu mengurangi beban masyarakat itu di pimpin oleh Wakapolres Tanggamus Kompol Heti Patmawati,SH.SIK dan Kabag OPS Kompol Bunyamin, SH.,MH.

Kasubbag Humas Iptu M. Yusuf SH, mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan personel gabungan guna membantu membersihkan material di rumah warga serta tempat ibadah pasca musibah banjir dan longsor di wilayah tersebut.

“Personel di terjunkan merupakan anggota polres,Polsek maupun bhabinkamtibmas bergabung bersama TNI dan elemen masyarakat guna membantu warga terdampak bencana,” kata Iptu M, Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK.

Sebelumnya diberitakan terjadi bencana banjir dan longsor di pekon Way Kerap dan pekon Sedayu yang mengakibatkan 6 titik jalan di dua pekon tersebut tertutup meterial longsor,Selasa (4/8/20) malam.

Selain menutup akses jalan, terdapat 350 warga di pekon terdampak banjir yakni pekon Way Kerap, Pardawaras, Sedayu, Sukaraja, Kacapura, Bangun Rejo dan Karang Rejo.

Selain itu Masjid Baitul Rahman yang berada di pekon Way Kerap mengalami kerusakan serius, dimana dinding selatan dan Utara jebol karena hantaman material yang terdiri dari batu dan batang pohon.

Pihak polres Tanggamus dan Polsek Semaka bersama TNI dan BPBD terdiri dahulu hadir membantu warga serta melakukan pengaturan arus lalu lintas maupun rekayasa lalu lintas.

Atas hal itu bupati Tanggamus HJ Dewi Handajani bersama jajaran forkopimda telah melakukan peninjauan di lokasi serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Guna mengangani warga yang sakit,dinas kesehatan kabupaten Tanggamus juga telah menyiapkan posko kesehatan diantaranya di pekon Sedayu yakni di simpang Sedayu.

Kemudian pekon way kerap disiapkan di dusun Tanjung Jati, dusun Banding Agung, dusun Mulang Maya dan pekon Sukarame. selanjutnya di balai pekon Bangun Rejo dan balai pekon Kacapura.

Pasca penyingkiran material longsor mengunakan tiga alat berat jenis eksavator di lima titik di pekon Sedayu selesai, akhirnya akses jalan terbuka untuk semua kendaraan namun secara bergantian, Rabu (5/8/20) sore.

Dalam pembukaan jalan tetap di lakukan pengaturan oleh polres Tanggamus bersama dishub sebab kendaraan diizinkan melintas secara bergantian sebab lumpur Masih menutupi jalan dan membuat licin.

 

 

Pewarta : Mashuri Ys

 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *