Antisipasi bencana alam, Sat Brimob Polda Jabar siapkan regu siaga tanggap bencana

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jabar – Sebanyak 1 SSR anggota kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar yang dipimpin oleh Danton 3 melaksanakan Siaga SAR di Posko SAR Mako Batalyon B Pelopor Cipanas untuk mengantisipasi terjadinya Bencana Alam yang tidak terduga, Senin (10/8/2020).

Adapun kegiatan rutin Regu Siaga SAR harian antara lain mengecek peralatan maupun perlengkapan SAR seperti pengecekan Chain Saw, Peralatan Vertical Rescue maupun Water Rescue dan Kendaraan yang digunakan saat operasional, serta untuk memastikan peralatan SAR agar siap digunakan pada saat operasional dan dapat berfungsi dengan baik.

Di wilayah Polda Jabar khususnya di daerah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor akhir-akhir ini sering menghadapi curah hujan yang tidak menentu, kadang sedang dan curah hujan kadang cukup tinggi mengguyur di beberapa Kabupaten dan Kota tersebut, tentu saja ini perlu diketahui, bahwa daerah tersebut rawan terjadinya bencana alam.

Mengingat daerah Zona Back Up Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar ada di daerah pegunungan yang banyak pohon-pohon besar, sehingga rawan tumbang serta tebing-tebing curam yang mengakibatkan mudah longsor, dikhawatirkan dampak yang di timbulkan dari hujan dengan intensitas tinggi tersebut akan memicu terjadi nya tanah longsor, pohon tumbang dan banjir di sebagian wilayah yang bisa berdampak luas.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K, menyampaikan,”Unit SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar selalu disiagakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana yang tidak terduga baik berupa banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya yang kemungkinan terjadi di wilayah Jawa Barat.”

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di Wilayah Cianjur dan sekitarnya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob Polda Jabar dengan masyarakat, dan tentu kegiatan ini bertujuan agar anggota Brimob Polda Jabar selalu siap dalam membantu masyarakat bila dibutuhkan kapanpun dan dimanapun,″ tutupnya.

Mencermati kondisi diatas, oleh karena itu tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jabar melaksanakan siaga SAR untuk menghadapi bencana dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana, anggota sudah siap di gerakan dengan cepat.

Diharapkan dengan adanya Regu Siaga SAR ini masyarakat menjadi paham maksud dan tujuan Anggota Sat Brimob Polda Jabar, tentu selain menjadi Regu Tanggap Bencana, Regu SAR Brimob juga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

 

 

Pewarta : Hamdani/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *