Pemerintah kelola Otsus dinilai kurang dirasakan masyarakat, Legislator Mimika minta melalui Yayasan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Ketua Komisi C dewan perwakilan rakyat daerah DPRD Kabupaten Mimika, Papua, Elminus B Mom, mengusulkan pengelolaan anggaran Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II agar dikelola melalui pihak ke-tiga atau yayasan.

Sebab, menurutnya penyaluran naggaran Otsus selama ini melalui Dinas-Dinas pada Pemerintah Kabupaten dinilai kurang maksimal bahkan kurang dirasakan langsung oleh warga masyarakat.

“Otsus selama ini dari pusat masukkan turun ke Provinsi kemudian disalurkan ke Kabupaten-Kabupaten, kami mau itu penyalurannya melalui satu pintu, tidak bisa disalurkan melalui dinas-dinas,” kata Elminus kepada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Senin (10/8).

Dijelaskan, nantinya didalam Yayasan itu juga akan dibentuk sejumlah Bidang, contohnya Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Pertanian, Infrastruktur dan yang berkaitan dengan penanganan hak-hak dasar Masyarakat.

“Belajar dari PT Freeport yang memberikan dana kemitraan kepada masyarakat melalui yayasan untuk dikelola demi kesejahteraan masyarakat 7 suku. Kalau Otsus itu taruh di satu yayasan baru jalankan dari fisik dan non fisik, kemudian ekonomi, pertanian, perkebunan, dan seperti ini yang harus dibangun di masyarakat,” terangnya.

Legislator dari Partai Gerindra ini menyayangkan pengelolaan anggaran Otsus begitu besar, namun penerima manfaat dana Otsus justru kurang dirasakan oleh masyarakat orang asli papua OAP.

“Selama ini anggaran Otsus besar cuma pemerintah sendiri yang makan, dan masyarakat sudah melihat bahwa ini adalah kepentingan pemerintah dengan Kepala-Kepala Dinas,” pungkasnya.

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *