Siapkan komponen cadangan, Kodim 0736/Batang sosialisasi rekutmen KomCad Matra Darat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Kodim 0736/Batang melaksanakan sosialisasi Rekutmen Komponen Cadangan (KomCad) Matra Darat di SMK Muhammadiyah Bawang Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang oleh Koramil 06/Tersono, dan Koramil Limpung, Senin (10/08/20)

KomCad (Komponen Cadangan) disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan Komponen Utama atau TNI dalam menghadapi ancaman militer.

Perekrutan warga sipil dalam Komcad dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Dalam sambuatan Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji memyampaikan, ” kita wajib melasakan bela negara baik dalam keadaan aman maupun keadaan tidak aman. Keadaan aman ini yaitu Membela negara dengan cara seperti mematuhi peraturan lalutintas , mengikuti pendidikan di sekolahan dengan baik, belajar dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Dalaam sosialisasi perekrutan komponen cadangan atas dasar perintah dari atasan, sebagai warga negara wajib membela negaranya disaat negara sudah terancam.

Untuk itu akan direkrut warga sipil untuk mengikuti pelatihan, latihan dasar kemiliteran selama satu bulan, semua biaya akan di tangung oleh negara, dari makan, tidur, seragam semua akan ditangung negara. Rencananya, dalam rekrutmen tahap pertama nantinya akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun. Rekrutmen ini bersifat terbuka alias siapa saja boleh mendaftar dan minimal tamatan Sekolah Dasar, asalkan memenuhi syarat.” jelasnya

KomCad ( Komponen Cadangan) ini akan bergerak atau digunakan dalam keadaan negara ini darurat, dan setelah negara ini dinyatakan aman komcad akan di kembalikan ke seperti biasanya di profesinya masing-masing.” tambahnya

Sosialisasi ini dihadiri Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji, Pasiter Kapten Inf Winarno, Pasipers Lettu Kav. Siswoyo dan di ikuti oleh Siswa SMK, Kokam, Banser, Pemuda Pancasila serta pemuda karang taruna.

 

 

Pewarta : Irul /Herry /Imam

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *