Diduga Proyek Siluman P3A, pembangunan irigasi persawahan Batanghari Lampung Timur asal jadi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Menindak lanjuti pemberitaan sebelumnya terkait temuan adanya proyek irigasi P3A persawahan di Batanghari Kebupaten Lampung Timur,Tim media menyambangi kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air wilayah dua Balai Besar di Kota Metro,Rabu ( 12/8/20)

Supra selaku Kasi Teknik dalam pembagian alokasi air mengatakan,bahwa UPTD Kota Metro tidak pernah dilibatkan dalam pekerjaan fisik dalam pembangunan perkumpulan petani pemakai air (P3A) oleh Dinas Provinsi.

“Terkait bangunan irigasi P3A di Desa tersebut di luar wewenang kami, UPTD wilayah dua hanya sebatas pembagian air apabila musim tanam padi tiba,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ada beberapa lokasi pembangunan irigasi P3A diwilayah Kabupaten Lampung Timur. Selain itu juga ia juga menyayangkan jika UPTD Kota Metro tidak difungsikan.

“Ada empat titik lokasi pembangunan,yaitu Kecamatan Pekalongan, Raman Utara, Purbolinggo, dan Kecamatan Batanghari.Kami selama ini tidak ikut mengawasi pekerjaan itu, kecuali sewaktu serah terima,itupun hanya kepala UPTD Kota Metro.Seharusnya kami dilibatkan, dalam pengawasan.Kalau kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung berada di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Sementara itu, Muslim selaku pekerja bangunan P3A di desa Batanghari mengakui tidak mengetahui secara teknis dan hanya melalui petunjuk dari ketua P3A.

“Kami hanya bekerja dari apa yang di perintahkan oleh Pak Dirjo selaku Ketua P3A.Kalau gambar ataupun Rencana Anggaran Belanja (RAB) tidak ada dan tidak pernah diberitahukan Pak Dirjo,” aku Muslim.

Dalam pekerjaan proyek tersebut banyak keganjilan,salah satunya tidak ada papan informasi nilai proyek.Hal ini jelas melanggar Undang – Undang (UU) No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) No. 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres No. 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.Hingga berita ini diterbitkan papan proyek belum terpasang dan Ketua P3A tak bisa dihubungi.

 

 

Tim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *