Penyerahan mandat pembentukan Perwakilan LASKAR Kabupaten Nagan Raya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nagan Raya Aceh – Ketua Umum LASKAR,Teuku Indra Yoesdiansyah, S.KM,SH menyerahkan mandat untuk membentuk Perwakilan LASKAR Kabupaten Nagan Raya kepada Teuku Cutman SE. Rabu (12/8).

Pada prosesi penyerahan tersebut, Teuku Cutman SE. yang didampingi oleh Mahyuddin yang digadang-gadang akan menjadi Calon Ketua Perwakilan LASKAR Nagan Raya dan Salamuddin sebagai calon Sekretarisnya.
Dalam prosesi tersebut, Ketua Umum LASKAR menasehati kepada para pemegang mandat dan calon pengurus maupun anggota mengingatkan kepada seluruh anggotanya Perwakilan LASKAR Nagan Raya agar menempatkan pengurus sesuai dengan kapasitasnya.

Konsep The Right Man in The Right Place adalah perumpamaan orang-orang yang bekerja dalam tim itu seperti bangunan rumah yang memiliki banyak bagian. Mulai dari atap sampai tanaman rambat di halaman punya fungsinya masing-masing. Tidak semua harus menjadi atap yang terkena panas atau hujan demi melindungi bagian lainnya. Tidak semua harus menjadi tiang penyangga yang kuat.

Tidak juga semua harus menjadi pagar yang terekspose dunia luas, melindungi para penghuni rumah dari luar. Tapi, perlu ada yang menjadi pintu dan jendela yang mengatur sirkulasi. Ada pula yang menjadi batu bata dan fondasi yang walaupun mereka tidak kelihatan. Tanpa adanya dua hal itu, apa jadinya sebuah bangunan?

Tidak hanya tentang hal yang besar, sebuah bangunan rumah dengan segala kelengkapannya juga perlu unsur penunjang yang kecil dan tampak sepele seperti sekrup, paku, bahkan rumput di halaman. Tapi, semua yang kecil-kecil itu, ternyata ada perannya masing-masing.

Ketua Umum LASKAR juga meminta kepada Pemegang Mandat untuk memilih calon pengurus yang amanah, kredibel, memiliki integritas yang tinggi serta patuh terhadap norma-norma hukum yang ada.

Sedangkan sebagai penerima mandat, Teuku Cutman SE. dalam sambutannya menyatakan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum LASKAR atas kepercayaan yang diberikan, dan saya bersedia bergabung bersama LASKAR dikarenakan visi dan misi LASKAR sangat baik untuk masyarakat Nagan Raya serta Insya Allah akan turut mendukung kehadiran LASKAR di Nagan Raya demi membangun Daerahnya.

Teuku Cutman SE. sangat setuju dengan nasehat Ketua Umum LASKAR tentang Konsep The Right Man in The Right Place. Berdasarkan pengalamannya yang juga menjabat sebagai :

1. Ketua DPC GAPENSI Nagan Raya mulai thn 2013 sampai dengan 2023.
2. Ketua Pemuda Pancasila Nagan Raya masa bakti 2018 – 2021.
3. Ketua Partai Nasional Aceh (PNA) masa bakti 2011- 2022.
4. Pernah menjabat sebagai anggota DPRK Nagan Raya periode 2014-2019.

Setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing. Karakter yang berbeda satu dengan yang lain membuat mereka tidak bisa diseragamkan. Ketika memasuki topik pembicaraan soal teamwork, pembagian kerja berdasarkan kemampuan mereka mutlak diperlukan. Untuk mencapai tujuannya dan menghindari kesalahan pengelolaan SDM, maka diperlukan prinsip the right man in the right place.

Dalam pengertian yang sederhana, the right man in the right place adalah menempatkan orang sesuai keahliannya. Suatu tim akan mampu bergerak lebih cepat kalau orang di dalamnya mengurusi hal-hal sesuai keahliannya.

Konsep ini sangat mudah dikatakan tapi kenyataannya tidak selalu mudah diterapkan. Masih banyaknya karyawan di kantor yang merasakan tidak cocok dengan tugas yang diberikan atau atasan yang kurang proporsional dalam memberi tugas menunjukkan kalau gagasan the right man in the right place, bahkan ditambah in the right time, bukan hal sepele. Dan Insya Allah, kami akan menjalankan sebagaimana nasehat Ketua Umum LASKAR, sebagai penutup dalam sambutannya.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *