Kembali, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional hadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus tingkat daerah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Untuk kesekian kalinya, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi, SH.,MH, menghadiri acara Pelantikan Pengurus Pokdarkamtimas Bhayangkara tingkat Daerah.

Kali ini Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional menghadiri Pelantikan Pengurus Pokdarkamtimas Bhayangkara tingkat Daerah Jawa Tengah Periode 2020 – 2024 yang dilaksanakan di Gedung Serba guna Hotel Quest jalan Plampitan nomor 37 – 39 Kelurahan Bangunharjo, kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang Jawa Tengah, Rabu (12/8).

Prosesi pelantikan Pokdarkamtimas Bhayangkara Daerah Jawa Tengah diawali dengan penyerahan Bendera Pataka dari Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara kepada Irwasda Polda Jawa Tengah Kombes Pol Mashudi.Sik mewakili Kapolda yang selanjutnya diserahkan kepada Lukman Muhajir, SH.,MH, selaku Ketua Pokdarkamtiibmas Daerah Jateng.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi, SH.,MH, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Jawa tengah beserta jajarannya yang telah mewujudkan acara Pelantikan sekaligus Pengukuhan Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Daerah Jawa Tengah sebagai wujud Pembinaan kepada organisasi.

Lanjutnya, pada hakekatnya organisasi ini adalah Mitra Polri, ujung tombak fungsi preemptive kepolisian di masyarakat sedangkan Polri sebagai organ Negara /Pemerintah keduanya harus bersatu padu /bersama-sama membina masyarakat yang baldatun warobun ghafur. Organisasi ini dalam kegiatannya selalu menjadi pelopor dengan segala daya upaya yang terencana serta sistimatis didalam menyiapkan, membentuk serta membina masyarakat yang peduli keamanaan lingkungan.

Tugas dan fungsi terasebut, adalah berdasarkan :
1. Undang-Undang No.2 tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
2. Surat Keputusan Kapolri No. : SKEP/831/XI/2005 Tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.

Kami berharap keberadaan organisasi Pokdar Kamtibmas Bhayangkara ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Jawa Tengah.

Saya selaku Ketua Umum menitipkan kepada Bpk. Kapolda untuk dapat membina pengurus dan anggota kami dari tingkat Daerah, Resor/Kabupaten, Sektor /Kecamatan dan Sub-Sektor /Desa agar dapat bermanfaat dalam turut berpartisipasi aktif membantu Pemerintah Daerah dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah anggota Polri yang ada saat ini masih belum dapat mencapai jumlah yang ideal, sehingga diperlukan partisipasi dan peran aktif dari masyarakat. Target kami untuk Pengurus Daerah Jawa Tengah ini adalah menyiapkan 20 Anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai pendamping bagi petugas Bhabinkamtibmas yang ada disetiap Desa/ keluarahan. Saya yakin jumlah tersebut akan tercapai dan bertambah seiring dengan perjalanan waktu.

Adapun anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara ini berasal dari berbagai profesi, mulai dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para akademisi, praktisi hukum, pengurus lingkungan RT/RW yang peduli akan Kamtibmas di wilayah nya masing-masing.

Dan kepada Pengurus Daerah PokDar Kamtibmas Bhayangkara Daerah Jawa Tengah yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat bekerja, laksanakan apa yang menjadi komitmen dan tanggung jawab kita semua sebagai anggota PokDar Kamtibmas Bhayangkara sesuai amanat AD/ART organisasi, dan jaga nama baik institusi Polri sebagai wujud pengabdian kita kepada negara. Kibarkan bendera pataka ini diseluruh wilayah hukum PolDa Jawa Tengah, perkuat koordinasi dengan seluruh jajaran pembina baik ditingkat PolDa, PolRes, PolSek sampai dengan Bhabinkamtibmas di desa /kelurahan. Tularkan kepada masyarakat akan pentingnya kepedulian dan kesadaran akan Harkamtibmas (Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Selalu siap ikut serta membantu mensukseskan program pemerintah pusat maupun pemerinta daerah Jawa Tengah didalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Era New Normal ini, ikut membantu Polri mengamankan Pilkada di bulan Desember 2020.

Tak lupa saya berpesan kepada seluruh anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara agar selalu bersikap Netral.
Akhir kata, jadikanlah kegiatan kita di organisasi ini sebagai salah satu ladang ibadah bagi kita semua, Aamiin.

Di akhir sambutanya, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional membacakan sebuah pantun,

Ke pasar beras bawa kerupuk
Jangan lupa membeli tawas
Pokdarkamtibmas Bhayangkara sudah dibentuk
Segera bekerja dengan ikhlas

Acara itu sendiri, dihadiri Kapolda Jawa Tengah yang wakili Irwasda Kombes Pol Mashudi. SIK.,SH.,M.HUM, Kasat Binmas jajaran Polda Jateng, Ketua Pokdar kabupaten kota se-Jawa Tengah, Mitra Kamtibmas yang terdiri dari KBPP Polri, Pokdar Kamtibmas Tabes Semarang, Pemuda Pancasila, Pemuda Pancamarga, Senkom Jateng, KNPI Jateng, Rapi Jateng, FKPI Jateng, Pemuda Muhamadiyah Jateng, dan Banser Jateng.

Sementara dari Pusat hadir Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Nasional Heru Riyadi SH., MH, didampingi oleh Sekjen Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional WibawaMufti, ST

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *