Jaga konservasi wilayah kelautan Aceh Selatan, Kepala BPSPL Padang, T. Muddasir Kamil berikan bantuan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Aceh Selatan – Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Tapaktuan Diving Klub (TDK) Aceh Selatan mendapatkan bantuan peralatan selam dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang di aula Setdakab Aceh Selatan, Tapaktuan, Senin 17/08/2020

Kepala BPSPL Padang, T. Muddasir Kamil mengatakan bantuan tersebut diberikan guna membantu kelompok masyarakat dalam menjaga konservasi wilayah kelautan Aceh Selatan.

“Semoga bantuan ini dapat dipergunakan dalam menjaga konservasi laut kita yang telah ditetapkan menteri kelautan dalam kepmen KP nomor 78 tahun tahun 2020,” ucapnya.

Ia melanjutkan, ada seluas sekitar 3000 hektar kawasan konservasi laut yang harus dijaga, maka kepedulian kelompok masyarakat sangat diperlukan dan diapresiasi atas dedikasinya dalam menjaga konservasi Laut Indonesia.

“Pemerintah tidak dapat selama 24 jam berada dilaut, sehingga peran kelompok pengawas dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga terumbu karang kita, praktik penangkapan ikan kita mari kita awasi bersama-sama,” lanjut pria yang akrab disapa pak Muda ini.

Untuk menjaga konservasi laut ini, lanjut Mudasir tidak cukup hanya satu Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) untuk wilayah Aceh Selatan, sehingga ia berharap agar kedepan dapat tumbuk KOMPAK lain di wilayah kabupaten ujung selatan provinsi Aceh ini.

“Kita berharap tumbuh kelompok-kelompok lain dalam menjaga konservasi ini, kami terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau memperhatikan lingkungan laut, ini potensi rumah ikan yang kita jaga untuk kemakmuran masyarakat kita, sehingga ikan itu banyak dan lestari di Aceh Selatan ini,” tutup kepala BPSPL Padang ini.

Bantuan yang diserahkan itu berupa alat selam lengkap , GPS serta camera under water diserahkan langsung oleh kepala BPSPL Padang kepada Ketua KOMPAK Tapaktuan Diving Klub (TDK) Aceh Selatan , Mayfendri yang disaksikan langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk.Amran dan didampingi Sekda Aceh H.Nasjuddin SH,MH.

Sementara itu, ketua TDK Aceh Selatan, Mayfendri mengucapkan terimakasih atas bantuan yang di berikan BPSPL Padang Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, ia mengatakan dengan adanya bantuan tersebut maka pengawasan konservasi laut di Aceh Selatan dapat berjalan lancar dan lebih maksimal.

“Semoga dengan adanya bantuan ini kami lebih terbantu dalam menjalankan misi pengawasan konservasi laut, kepada rekan-rekan TDK kami berharap agar dapat menjaga, merawat dan menggunakan bantuan ini dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

Adapun dalam diskusi virtual yang ikut tersambung dengan Kadis Kelautan dan perikanan Aceh, Dr.Ilyas, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP RI, Aryo Anggono, dan bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Mayfendri berharap agar ke depan kementerian kelautan dan perikanan republik Indonesia dapat memberikan bantuan sea patrol ( boat patroli laut) agar dengan leluasa dapat memonitor konservasi laut di Aceh Selatan.

“Kami juga sudah melakukan penanaman mangrove, sehingga untuk mempermudah pengawasan terumbu karang dan mangrove yang telah kami tanam, kami sangat membutuhkan sea patrol sebagai sarana penunjangnya, untuk itu kami berharap kementerian perikanan dan keluarga republik Indonesia dapat membantu kami,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Rian

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *