Jalan kaki sejauh 11 Km, Kapolsek Laur lakukan patroli untuk cegah titik api

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Ketapang – Polres Ketapang, Kapolsek Laur IPTU Sulardi, S.IP., bersama personilnya melaksanakan patroli jalan kaki untuk melakukan pemantauan wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan di Desa sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang, Minggu 23 Agustus 2020, pukul 08.00 wib.

Dalam kegiatannya, IPTU Sulardi, S.IP., melakukan patroli jalan kaki bersama tiga ( 3 ) personil nya menyusuri wilayah perbukitan dan hutan desa sepotong dikarenakan wilayah ini yang memang dikenal rawan dilanda kebakaran.

“Wilayah hutan desa ini setiap tahunnya sering ditemukan titik api dikarenakan tekstur tanah nya di wilayah ini mayoritas gambut dan juga wilayah ini didominasi rumput kering yang mudah terbakar pada musim kemarau,” Ujar IPTU Sulardi, S.IP, Minggu 23 Agustus 2020, Pukul 11.00 wib.

IPTU Sulardi, S.IP., bersama personilnya menyusuri wilayah perbukitan dengan cara berjalan kaki hampir sejauh 11 km dari pemukiman desa, dikarenakan wilayah ini tidak dapat diakses menggunakan kendaraan, sehingga para personel Polsek Laur tersebut terpaksa berjalan kaki menyusuri wilayah hutan.

“Kami juga menggunakan teknologi berbasis digital yaitu pemantauan hotspot menggunakan aplikasi lancing kuning dimana setiap harinya seluruh personel Polsek Laur saya wajibkan membuka aplikasi tersebut untuk memantau wilayah kecamatan laur, dan apabila ada ditemukan titik api melalui koordinat di aplikasi itu, kami langsung bergerak bersama babinsa dan satgas desa menuju lokasi koordinat untuk melakukan pengecekan, semua ini adalah bentuk upaya kami dalam meniadakan potensi titik api di wilayah hukum polsek laur,” Jelas Sulardi.

Selain melakukan pemantauan lahan, Kapolsek juga melaksanakan sambang ke pemukiman desa untuk melakukan himbauan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam pencegahan karhutla di wilayah kecamatan laur khususnya di desa sepotong.

(Roy/Humas)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *