Tim Ops Aman Nusa II Polres Beltim terus ingatkan warga untuk patuhi protokol kesehatan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim – Tim Ops Aman Nusa II Polres Belitung Timur tak henti-hentinya untuk terus ingatkan masyarakat agar disiplin dan terapkan apa yang sudah menjadi ketentuan protokol kesehatan. Meskipun saat ini wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dalam kondisi zona hijau, namun mengingat virus Covid-19 atau yang disebut dengan corona, sangat mudah menyebar bahkan penularannya masih tergolong masif, Sabtu (22/08/2020)

Wilayah Kab. Beltim dengan geografis daerah Pulau dan hanya bisa dilalui akses melalui transportasi air dan udara, sehingga kontak dengan wilayah luar terbilang sangat minim dan penduduk Kab. Beltim sendiri bisa dikatakan tidak selalu bepergian untuk keluar daerah.

Hal tersebut juga salah satu faktor wilayah Kab. Beltim untuk penyebaran covid-19 antar sesama penduduk lokal jarang ditemukan. Kecuali jika ada klaster dari luar atau ada penduduk yang berpergian dari wilayah dengan status zona merah.

Namun hal tersebut tidak serta merta selaku pihak keamanan (Polres Beltim) menganggap remeh dengan kondisi wilayah yang tergolong aman. Polres Beltim terus melakukan upaya untuk menghimbau, mengedukasi, mengingatkan bahkan sampai melakukan tindakan teguran kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Butuh kerja sama dan respon aktif dari masyarakat sendiri untuk secara bersama menciptakan wilayah Kab. Beltim tetap dalam kondisi zona hijau dari covid-19.

Seperti  yang dilaksanakan oleh Tim Ops Aman Nusa II, atas perintah Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, kegiatan patroli wilayah dan himbauan kepada masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Kegiatan yang dipimpin oleh Iptu Insanul Karim yang didampingi oleh Ipda Medi, mengingat saat ini terhitung dari hari Kamis sampai dengan Minggu, yang merupakan libur panjang dan memungkinkan terjadinya kenaikan volume masyarakat yang menikmati hari libur dengan bertamasya.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kerumunan massa dalam jumlah besar, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kelalaian untuk menerapkan protokol kesehatan ketika berada di tempat umum. Wilayah Kab. Beltim yang terkenal dengan 1001 warung kopi dan beberapa tempat wisata seperti pantai, yang menjadi salah satu fasilitas terjadinya kerumunan massa. Tim Ops Aman Nusa II Polres Beltim terus mengingatkan kepada pengunjung warung kopi, pelaku usaha dan masyarakat pesisir pantai untuk bersama-sama saling mengingatkan kepada pengunjung wisata baik lokal maupun luar, agar ketika berada ditempat umum untuk mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Kepada pihak pelaku usaha Tim Ops Aman Nusa II Polres Beltim meminta, untuk membatasi jumlah pengunjung sehingga penerapan jaga jarak bisa terlaksana. Memang bukanlah hal mudah untuk menumbuhkan kesadaran kepada setiap orang dalam situasi pandemi covid-19 saat ini untuk sadar dan saling mengingatkan setiap orang bisa menerapkan protokol kesehatan, butuh kerja sama dari semua pihak dan kesadaran tersebut tumbuh dari diri pribadi masing-masing.

(Reporter : Serli / TYS)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *