Kapolres Nunukan hadiri acara silahturahmi Kamtimas

  • Whatsapp
Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar saat memberikan sambutan

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kapolres Nunukan AKBP. Syaiful Anwar S.IK, mengundang Toko Agama, Toko Masyarakat dan Toko Adat hadir dalam acara silaturahmi sekaligus mengajak untuk menjaga Kamtibmas menjelang Pilkada serentak, 09 Desember 2020 mendatang.

Kapolres Nunukan mengatakan bahwa menghadapi Pilkada yang akan datang pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersatu padu menciptakan Kondisi kamtibmas, Keamanan Rukun dan Damai di Bumi Penakindi Debaya.

Kami sebagai aparat keamanan baik dari kepolisian maupun dari TNI punya keterbatasan, untuk menciptakan situasi keamanan sangat penting mengedepankan misscomunikation seluruh komponen masyarakat baik dari Tokoh Masyarakat, Toko Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

Sangat diperlukan kekompakan dan kebersamaan untuk menciptakan Pemilihan Kepala Daerah yang aman dan damai seperti tahun 2019 dalam Pileg dan Pilpres.

Di Tahun 2019, Kabupaten Nunukan satu-satunya Kabupaten di Kaltara yang paling aman, hal tersebut disampaikan Kapolda bersama Gubernur Kaltara usai pelantikan Presiden Joko Widodo.  Nunukan khususnya dan Kaltara pada umumnya paling teraman setelah Provinsi Bali, ujar Kapolres.

Kami sebagai aparat keamanan, sebagai mediator saja, sementara sebagai eksekutor adalah masyarakat, tidak ada tempat bagi propokator dan pengacau, sekalipun kita berada diujung perbatasan tapi kita tidak terbatas disemua hal, kata Kapolres.

Saat ditanya masalah Peredaran Narkotika bahwa nunukan dan kaltara sebagai Jalur pelintasan juga sebagai Darurat narkoba?

Menurut AKBP Syaiful Anwar bahwa Kami sebetulnya mendorong bagaimana keaktipan dari masyarakat khusus di wilayah Aji kuning Pulau Sebatik disana ada forum masyarakat anti narkoba atau forum maspul anti narkoba informasi dan sudah mendeklarasikan diri mereka berkomitmen.

Baru baru ini Brigjen Hendry Simanjutak kepala BNNP kaltara didampingi Kompol La Muati.SH kepala BNN Nunukan dan sejumlah aparat Kepolisian dari Polsek Sebatik Barat dan Polsek Sebatik Timur dan dari TNI seperti Koramil dan anggota Satgas Pamtas menghadiri Deklarasi tersebut mudah mudahan para pengiat anti narkotika bisa mengurangi peredaran dan maraknya penyelundupan baik di aji kuning dermaga lale salo dan dermaga Somel yang sering dimampaatkan oleh para pemasok narkoba dari malaysia.

Lanjud Kapolres bahwa kepolisian tidak bekerja sendiri sebetulnya untuk pemberantasan narkoba ini di samping peran serta dari komunitas masyarakat.

Hanya BNN kita juga memang masih cukup memperhatinkan dari sisi personil sangat terbatas serta sarana dan prasarana sangat minim apalagi Begitu banyak Jalur Tikus sementara personil aparat keamanan tidak seimbang ujar Kapolres Nunukan.

Kami pun memiliki keterbatasan juga untuk bersinergi dengan aparatur negara lain.

Saya bersyukur komandan bataliyon satgas pamtas yonif 623/WBU berkomitme sama di buktikan dengan beberapa waktu yang lalu mereka bisa blocking 7 kilo sabu dan sejumlah miras.

Saya selalu mendorong supaya sama-sama membentengi negara yang kita cintai bersama dari penyeludupan barang haram seperti narkotika, dan untuk toko-toko adat kami mengharapkan bisa membatu menjaga agar barang hara, tidak bisa masuk ke Nunukan.

Mudah-mudahan kedepannya, kita bisa terus menjalin silahturahmi, terkait dengan konflik-konflik berbau adat, para Toko Agama, Toko masyarakat dan Toko Adat juga Tokoh Pemuda diharapkan bisa membatu aparat negara untuk memecahkan masalah sosial yang ada di masyarakat, pungkas Kapolres Nunukan.

 

 

Pewarta : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *