Pekerjaan pemasangan Paving Block di Kp. Karang Sari-Cigondang diduga asal-asalan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Pembangunan Paving Block di Kp. Karang Sari, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Banten yang sudah rampung dikerjakan, diduga “Asja” alias Asal Jadi.

Pembangunan Paving Block yang bersumber anggaran dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pandeglang sebesar Rp. 188.817.000 (Delapan Ratus Delapan puluh Delapan Juta Delapan Ratus Tujuh Belas Ribu Rupiah) yang dilaksanakan oleh CV. Kirana Utama Karya tersebut, diduga kuat awal pelaksanaannya tidak sesuai RAB, pemasangan paving block dilahan Jl. Kp. Karangsari Rt 007 tidak diratakan terlebih dahulu (Leveling). Serta, penggunaan pasir dasar, ketebalannya tidak sebagaimana seharusnya.

Hasil pantauan Mitrapol.com dilokasi telah terpasangnya paving block memang terlihat pemasanganya bergelembung dan tidak rata.

Endang salah satu warga Kp. Karang Sari, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan Pandeglang dan sekaligus Ketua Ormas BPPKB PAC Labuan, Selasa, (25/08/20) menyampaikan, menurutnya, selain pekerjaannya asal jadi, pelaksananya diduga tanpa didampingi oleh pengawasan.

Yah, pemasanganya memang mengikut sertakan warga Karang Sari, tapi semua pekerjaan itukan harus sesuai dengan RAB tidak asal-asalan seperti itu, terang Endang.

Dilokasi yang sama dalam pemantauan hasil pemasangan paving block di Kp. Karang Sari ini, Royen Siregar selaku ketua LSM SANRA (Sayap Amanah Nusantara) juga mengungkapkan hal yang sama bahwa pekerjaannya diduga asal-asalan.

Saya sudah terjun langsung melihat hasil pekerjaan yang dilaksankan oleh CV.Kirana Utama Karya sudah rampung,tapi yah hasilnya seperti itu pekerjaanya asal jadi,tegas Royen.

Dikatakan Royen, dengan hasil seperti ini hanya membuang uang negara saja, paling berepa bulan kedepan itu paving blocknya akan pada copot.

“Dalam pemasangan paving block seharusnya hal yang pertama dilakukan adalah memasang Kanstein. Kanstein yang kuat tak lepas dari peranan back up concrete atau beton penyokong. Seperti namanya, fungsi dari beton ini adalah untuk menyokong kanstein menahan gaya yang ditimbulkan oleh kendaraan yang melintas.dengan hasil pemasangan paving block dikarang sari ini tanpa adanya Kanstein,” ujarnya.

Harus diketahui dalam tahapan pemasangan Paving Block itu ada empat tahapan yaitu, Pemasangan Kanstein, Penggelaran pasir untuk sand bedding, Pemasangan dan pemotongan paving block, Pemasangan joint filler dan pemadatan, jika tidak mengikuti hal tersebut bagaimana kualitasnya mau bagus, paparnya lagi

Jadi kuat dugaan bahwa pelaksanaan pekerjaannya asal-asalan.Didalam suatu pekerjaan proyek yang dianggarkan oleh pemerintah harus sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), agar kualitas proyek dapat terjamin, imbuh Royen.

 

 

TIM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *