FPHS Demo tuntut Bupati Omaleng dicopot atau Freeport ditutup

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Ribuan massa yang tergabung didalam Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) di tiga Desa yakni Tsinga, Waa/banti dan Aroanop (Tsingwarop) berunjukrasa dan menduduki Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di SP-3 Timika pada Kamis (27/8/20).

Dalam orasinya, massa kecewa dengan kinerja Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang dianggap selama menjabat tak memperhatikan dan mendukung pemilik hak sulung untuk mendapatkan presentase dari saham PT. Inalum.

Selain itu, massa juga menyoroti kinerja Bupati Mimika dilingkup Pemerintahan Kabupaten Mimika yang dinilai banyak melanggar regulasi.

Yafet Mangga Beanal

Warga tiga desa di wilayah pegunungan mimika ini meminta agar Presiden Jokowi beserta Para Menteri terkait untuk turun langsung di Kabupaten Mimika agar bertatap muka dengan mereka sebagai pemilik gunung emas nemangkawi yang merupakan tempat operasional PT. Freeport Indonesia.

Pendemo damai kemudian mengajukan dua pilihan kepada Presiden Joko Widodo beserta Menteri.

Pilihan pertama yakni meminta agar Eltinus Omaleng dicopot dari jabatannya sebagai Bupati Mimika.

Dan pilihan ke-dua yakni bila Bupati Eltinus tidak dicopot atau dinonjobkan maka mereka akan menutup PT. Freeport Indonesia (PTFI) di wilayah mereka.

Ketua FPHS Tsingwarop, Yafet Mangga Beanal mengatakan, puncak dari kemarahan warga tiga kampung adalah Bupati Mimika Eltinus Omaleng diduga menyelewengkan dana Wartsing sejak 2001 hingga 2020.

“Dana Wartsing sejak tahun 2001 sampai 2020 tidak pernah sampai kepada kami, kami minta pertanggungjawaban secara transparan kepada masyarakat. Saya datang disini karena saya mau pecat dia (Bupati Eltinus-red). Saya mau perang. Saya hanya mau kasih satu pernyataan bahwa Eltinus Omaleng tidak dipecat maka Freeport saya tutup,” tagasnya.

Elfinus Omaleng

Ditempat yang sama, Sekretaris FPHS Tsingwarop, Elfinus Omaleng mengatakan, massa unjukrasa akan memalang dan menduduki Kantor Pusat Pemerintahan hingga Presiden Jokowi, Menkopolhukam, Mendagari, Menteri Keuangan, Menteri BUMN dan Menteri ESDM datang untuk menemui mereka sekaligus mencopot Bupati Eltinus Omaleng dari jabatannya.

“Kami menunggu kedatangan bapak Presiden Joko Widodo beserta para menteri disini. Kami tidak kemana-mana. Kami akan pasang tenda dan duduk disini menunggu. Kami minta bapak Eltinus Omaleng segera dipecat. Saya punya bapa tapi saya melihat bahwa banyak orang sakit hati dari dia. Saya malu sebagai anak. Jadi harus pecat,” kata Elfinus Omaleng.

Sementara Bupati Mimika Eltinus Omaleng hingga berita ini ditayangkan belum dapat dihubungi maupun ditemui untuk dikonfirmasi.

Dalam aksi unjukrasa tersebut dijaga ketat aparat keamanan TNI-Polri.

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *