Penanganan kasus kematian Florida Letsoin, Kuasa Hukum : Keluarga titip dipundak Kapolres Mimika dan Kasat Reskrim

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Yosep Temorubun, SH didampingi Valentinus Ulahaijanan, SH selaku Kuasa Hukum dari keluarga almarhumah Florida Letsoin (36) yang ditemukan meninggal dunia di halaman belakang rumahnya yang berlokasi di wilayah SP-1 Kamoro Jaya, Kabupaten Mimika, Papua.

Temorubun menyatakan bahwa keluarga besar warga masyarakat asal kepuluan kei saat ini sedang memantau perkembangan penanganan kasus tersebut dan menitipkan kepercayaan di pundak Kapolres Mimika AKBP. I Gusti Gde Era Adhinata, S.Ik.

Hal ini dinyatakan kepada media MITRAPOL di Kantor Pelayanan Polres Mimika, pada Rabu, (26/8) saat mengawal pemeriksaan saksi-saksi.

“Masyarakat kei saat ini menitipkan penanganan kasus kematian almarhumah Florida Letsoin di pundak bapak Kapolres Mimika dan bapak Kasat Reksrim hingga tuntas. Kami berharap bisa secepatnya selesai dengan hasil yang diharapkan,” kata Yosep di sela-sela mengawal pemeriksaan saksi.

Kematian Florida Letsoin menurutnya, selain jadi perhatian serius dari warga Kei di Kabupaten Mimika, juga menjadi perhatian dari seluruh organisasi massa (Ormas) Kei yang ada di berbagai daerah. Hal ini lantaran berita tersebut telah beredar di berbagai grup media sosial.

“Budaya orang kei mati karena batas tanah dan saudara perempuan. Kematian almarhumah Florida ini jadi pertaruhan kami sebagai saudara laki-laki kei. Meskipun Almarhumah anak tunggal dalam keluarganya. Kami wajib mengawal karena kematian ini sangat tidak wajar apalagi ada penjelasan dari saksi kunci yakni Ibu dan anak kandungnya sendiri,” pungkasnya.

Terkait kematian tak wajar itu, menurutnya terdapat banyak kejanggalan namun bisa diuraikan dari saksi kunci yang tak lain adalah ibu kandung serta anak kandung dari almarhumah Florida Letsoin.

“Pada dasarnya kami tetap patokan dari apa yang disampaikan ibu kandung almarhumah dan anak kandungnya. Karena mereka ini hidup bersama dan mengalami langsung kasus ini. Selebihnya ada bukti pendukung lainya,” beber Yosep.

Lebih jauh dijelaskan, pada saat olah TKP dari pihak berwajib. Sebetulnya sudah diperkuat dengan adegan dari peran pengganti yang dilakukan oleh pihak keluarga.

“Intinya, penanganan kasus kematian saudara perempuan kami ini. Kami keluarga korban dan masyarakat kei menitipkan dipundak bapak Kapolres Mimika dan bapak Kasat Reskrim,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Florida Letsoin (36) ditemukan tak bernyawa tepat dibawah sebuah pohon Nangka yang berada di halaman belakang rumahnya, Jalan Sadang, Kompleks Swakarsa, Kamoro Jaya, SP -1 pada Senin (24/8/20) sekitar 02:00wit

Almarhumah Florida Letsoin merupakan istri dari kepala Kelurahan Kamoro Jaya, Timika berinisial SR.

Semasa hidupnya, selain jadi Ibu Lurah almarhumah Florida Letsoin juga bekerja sebagai pegawai ASN dilingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mimika. Jabatan terakhir yang diemban adalah Kepala Seksie (Kasie) Pemberdayaan Nelayan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika.

Hingga saat ini, kasus tersebut sedang ditangani kepolisian resort (Polres) Mimika.

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *