Tidak ada izin berlayar, Kapal Cepat merk Billfish 88 diamankan Polairud Polres Bangka

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toboali – Kasubit Gakkum Kompol Ade Zahra, bersama Iptu Asmadi dan Iptu Slamet, dengan menggunakan Kapal patroli 2005 dan 2008 langsung menindak lanjuti adanya informasi tentang kapal hantu yang sedang melintas di perairan Toboali kab. Bangka Selatan. Rabu (26/08). sekira Pukul 19.00 Wib,

Setiba diperairan Pulau Dapur Toboali Kab. Bangka selatan, tim patroli Polairud melihat satu unit kapal cepat merk Billfish 88 dengan kekuatan 6 mesin merk Yamaha @ 300 PK sedang labuh jangkar. Lalu tim dari polairud pun langsung mendekati kapal tersebut, kemudian para petugas langsung melakukan pengamanan kepada para crew kapal yang saat itu sedang berada di kapal tersebut. Pada saat dilakukan pemeriksaan diketahui kalau kapal cepat tersebut tidak memiliki kelengkapan surat izin berlayar (SIB) dari KSOP Batam.

Saat dilakukan pemeriksaan pada muatan kapal, diketahui juga kalau pada kapal tersebut tidak ada muatan yang temukan (NIHIL). Dan alasan kenapa kapal cepat itu melakukan labuh jangkar di perairan pulau dapur, itu dikarenakan kapal tersebut mencari lokasi aman agar ternindar dari gelombang besar dan cuaca buruk.

Yang mana diketahui kalau kapal cepat ini rencananya akan bertolak ke Jakarta, kapal ini berangkat dari Batam Kepulauan Riau (Kepri) untuk melakukan Docking terhadap 3 mesin yang rusak.

Kasubdit Gakkum mengatakan,”Adapun dugaan pasal yang dilanggar dari kapal cepat Billfish 88, ialah pasal 323 ayat 1 UU No.17 tahun 2008 tentang pelayaran, yang berbunyi Nahkoda yang berlayar tanpa memiliki surat persetujuan berlayar yang dikeluarkan Syahbandar akan dikenakan pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebesar 600.000.000,.” ujarnya.

Sementara Kadal Polairud Polres Bangka IPTU Asmadi, SH.,MH, mengatakan untuk BB kapal diamankan di pelabuhan Jeti Sukadamai dan rencananya akan di bongkar ruang bawah kapal siapa tahu ada barang barang yang dicurigakan,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : SAS/TYS

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *