BBPJN Jawa Timur – Bali laksanakan program Padat Karya Tunai

  • Whatsapp
Penanganan Ruas Jalan Kertosono-Kediri, Prov Jatim. (Foto dok : BBPJN Jatim-Bali)

MITRAPOL.com, Jakarta – Pandemi Corona tidak hanya menyerang sektor kesehatan, tetapi juga berdampak terhadap sektor ekonomi dimana banyak orang kehilangan pekerjaannya. Di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan dan melaksanakan sejumlah program untuk dapat mengurangi beban masyarakat dalam masa pandemi ini.

Kepala Bidang Preservasi I BBPJN Jawa Timur – Bali Sodeli menjelaskan, dengan total panjang Jalan Nasional 2.990 km yang di kelola  9 (sembilan) Satker dan 32 PPK, dialokasikan dana Revitalisasi Padat Karya sebesar 71 Milyar dengan panjang penanganan 303.391 meter, dimana sampai saat ini (29 Agustus 2020) sudah menyrerap tenaga 4.282 Orang, jelas Sodeli dalam keterangannya.

Lanjut Sodeli, dimana sebagai salah satu yang kami pantau pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasioanl II dan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional IV tengah mengerjakan Padat Karya Tunai (PKT) dengan para pekerja dari masyarakat setempat. Dengan program PKT tersebut diharapkan masyarakat tetap dapat berpenghasilan dan menjaga daya beli, ujarnya.

Penanganan salah satu lokasi di ruas jalan pada Satker PJN II Kertosono – Kediri 660 Meter (sebanyak 149 orang), sedangkan ruas jalan pada Satker PJN IV Babad – Lamongan mengerjakan pembersihan saluran 4.240 Meter dan pembuatan saluran pasangan batu 175 Meter (sebanyak 162 orang), selama masa kerja 40 hari.

Rata-rata pekerja yang bergabung dalam program ini merupakan orang-orang yang sektor kerjanya terdampak akibat pandemik virus corona. Peralatan yang digunakan pekerja PKT merupakan peralatan sederhana. Pekerjaan dilaksanakan secara kelompok dan pembayaran upah tenaga kerja dilakukan secara tunai setiap minggunya. Setiap pekerja akan mendapatkan upah sebesar Rp 100 ribu per harinya. Mereka akan bekerja mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

 

Pewarta : Yoedi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *