Didesak tetapkan tersangka kematian Florida Letsoin, begini jawaban Kasat Reskrim Polres Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Yoseph Temorubun selaku pengacara dari keluarga almarhumah Florida Letsoin yang ditemukan meregang nyawa pada Senin, (24/8/20) lalu mendesak pihak kepolisian untuk segera menetapkan tersangka.

Yosep meminta agar Penyidik Kepolisian bekerja profesional, maksimal dan transparan untuk mengungkap kasus kematian Florida Letsoin.

“Kami sangat berharap agar pihak kepolisian segera naikkan status tersangka. Pada prinsipnya kami tetap percaya pihak kepolisian dalam penanganan kasus ini untuk diungkap secepatnya dan transparan,” kata Yosep kepada MITRAPOL di Timika, Senin, (31/8/20).

Hal ini menurutnya, semata-mata untuk meyakinkan dan menjaga kepercayaan yang diberikan pihak keluarga korban terhadap proses hukum.

“Sangatlah miris, jika dalam kasus ini dibiarkan begitu saja. Padahal dari sisi bukti dan saksi fakta di lapangan itu sudah tergambar jelas bahwa siapa yang menjadi dalang atas kematian almarhumah Florida Letsoin,” kata Yosep.

Ditempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP. Hermanto kepada MITRAPOL mengatakan, pihaknya telah memeriksa 6 orang saksi serta membangun koordinasi dan konsultasi dengan Tim Forensik Mabes Polri untuk membantu mengungkap kasus kematian Florida Letsoin, termasuk upaya autopsi jenazah untuk mengetahui sebab akibat kematian korban.

“Saat ini kami (Polisi-red) masih memeriksa saksi-saksi. Kami juga memintai keterangan dari pihak medis untuk menjelaskan hasil pemeriksaan visumnya (Florida Letsoin-red),” kata AKP. Hermanto kepada MITRAPOL di ruang kerjanya Senin, (31/8/20).

Kasat Reskrim menyebutkan hingga saat ini sudah sebanyak 6 orang yang diperiksa sebagai saksi termasuk SR yang merupakan suami Florida Letsoin.

“Kami juga sudah kordinasi dan konsultasi dengan Mabes Polri untuk bilamana diperlukan autopsi. Dari Mabes Polri sudah bersedia hanya tinggal menunggu keputusan dari pihak keluarga almarhumah. Kita tinggal menunggu persetujuan. Kalau keluarga mau autopsi, kita autopsi untuk melihat titik terangnya,” jelas AKP. Hermanto.

Untuk perkembangan kasus ini sendiri kasat reskrim mengatakan, Selasa besok (1/9), penyidik berencana melakukan gelar perkara.

“Setelah pemeriksaan saksi kemudian kita adakan gelar mungkin besok,” terang AKP. Hermanto.

AKP. Hermanto mengimbau agar keluarga korban menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya penanganan kasus tersebut ke pihak berwajib.

“Semua proses kami lakukan sesuai tahapan. Pada intinya kami melaksanakan tugas ini sesuai dengan prosedur yang ada,” tandasnya.

Hingga saat ini diketahui, SR atau suami dari almarhum Florida sedang diamankan di Mako Brimob, Jalan Agimuga Mile 32 Mimika.

Diberitakan sebelumnya, Florida Letsoin merupakan lstri dari Kepala Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika berinisial SR ditemukan tak bernyawa pada Senin, (24/8/20) sekitar pukul 02.00 WIT di halam belakang rumahnya.

Almarhumah Florida Letsoin semasa hidupnya juga bekerja sebagai pegawai ASN pada Pemkab Mimika dan Jabatan terakhir yang diemban adalah Kepala Seksie (Kasie) Pemberdayaan Nelayan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika.

Meskipun dari pihak kepolisian belum dapat menyimpulkan penyebab kematian Florida namun pihak keluarga menduga kuat bahwa kasus tersebut merupakan dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh suaminya SR.

Atas dugaan tersebut, SR kemudian resmi dilaporkan pada Senin (24/8/2020) lalu oleh pihak keluarga yang didampingi pengacara mereka, yakni Valentinus Ulahaijanan, SH dan Yoseph Temorubun, SH dengan laporan polisi nomor LP/586/VlIl/2020/Res. Mimika.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *