Pimpin apel gabungan TNI-POLRI di Merauke, Begini kata Wakapolda Papua

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Merauke – Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki memimpin apel gabungan TNI-POLRI di lapangan Mapolres Merauke, Papua pada Selasa 1 September 2020.

Dalam arahannya, Brigjen Yakobus mengatakan bahwa ada 2 Program Pemerintah yang mendapat perhatian utama Kepolisian di Merauke yakni penanganan pandemi Covid 19 dan Pengamanan tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

“Dinamika politik yang saat ini terjadi di wilayah Papua yakni banyaknya tuntutan hak asli Papua. Untuk itu, disini saya sampaikan bahwa unsur TNI-Polri harus netral, tidak boleh memerintahkan secara terstruktur dan tidak boleh menggunakan fasilitas negara untuk mendukung salah satu pasangan pilkada,” kata Wakapolda Papua.

Dalam pengamanan Pilkada di Papua, disebutkan, kebijakan Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw yakni, preventif 90 persen dan penindakan 10 persen. Sehingga bila terdapat permasalahan ataupun sengketa saat pesta demokrasi nantinya, Peran Bawaslu lebih diutamakan. Hal ini semata-mata untuk tidak ada laporan polisi nantinya.

“Saya berharap Sinergitas TNI dan Polri di Kabupaten Merauke semakin solid dan terus menjaga kekompakan yang sudah terjalin baik selama ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto,S.IK, Plt. Sekda Merauke Ruslan Ramli, SE, Perwakilan Satuan TNI, Komisioner KPU dan Bawaslu Merauke, serta Gabungan Personil TNI-Polri.

 

Reporter : AQM.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *