Polres Gowa bersama Polsek Somba Opu lanjutkan pengamanan unjuk rasa di Pengadilan Negeri Sungguminasa

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Gowa Sulsel – Aliansi Pemuda Gowa (APG) kembali melanjutkan aksinya dengan melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Negeri Sungguminasa Kabupaten Gowa, Rabu (02/9/2020), sore.

Mengingat hal tersebut, Personil gabungan dari Polres gowa bersama Polsek somba opu kembali melakukan pengamanan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dari pengunjuk rasa.

Kapolsek Somba opu gowa Kompol Jamaluddin selaku Ka Pam Obyek dalam pengamanan tersebut, menyampaikan kepada Personil Pengamanan agar tetap menjaga kekompakan dan jangan bertindak arogansi yang dapat memicu pengunjuk rasa menjadi brutal akibat ulah kita sendiri.

Namun dikatakan pula bahwa kita tetap melakukan pengamanan ini dengan menggunakan metode pendekatan kearifan lokal sehingga apa yang menjadi aspirasi pengunjuk rasa dilaksanakan dengan aksi damai sesuai apa yang di sampaikan sebelumnya.

Koordinator pengunjuk rasa Uccang yang berharap Ketua Pengadilan Negeri bisa menjelaskan apa yang menjadi tuntutannya namun sampai sore ini tidak menampakkan diri sehingga tendensi emosional pengunjuk rasa sontak bergejolak dengan memaksakan masuk ke kantor Pengadilan.

Beruntung Personil Pengamanan ada dipintu menghalangi pengunjuk rasa yang ingin memaksakan masuk dan sempat terjadi Insiden dorong mendorong namun semuanya dapat diatasi setelah Ka Pam Obyek Kompol Jamaluddin bersama anggota lainnya memberikan peringatan dan penjelasan kepada pengunjuk rasa untuk Negosiasi dan pada akhirnya semuanya dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Adapun tuntutan dari pengunjuk rasa di spanduk tertuliskan “Evaluasi Kinerja Pengadilan Sungguminasa, Stop Janji-Janji” dan “APG Menggugat Meminta Pihak Pengadilan Negeri Meminta Surat Pembebasan.”

Perwakilan dari Pihak Pengadilan setelah di konfirmasi menjelaskan ke pengunjuk rasa bahwa apa yang kami lakukan sudah sesuai prosedur dan mengenai surat keputusan yang dimaksud oleh pengunjuk rasa adalah tanggung jawab Mahkamah Agung karena permasalahnya sudah sampai ketingkat Mahkamah.

Sekitar pukul 18.00 wita, akhirnya pengunjuk rasa membubarkan diri dengan damai namun perwakilan APG Sdr. Uccang akan tetap mengawal permasalahan ini dan akan menanyakan ke pihak Lembaga Pemasyarakatan untuk kejelasan selanjutnya.

Kapolres gowa AKBP Boy Fs. Samola S.IK.,MH, ditempat terpisah membenarkan akan adanya unjuk rasa dari Aliansi Pemuda Gowa dan semuanya dapat terkaper oleh anggota dilapangan sehingga semuanya dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Itulah harapan kita semua dan saya juga mengucapkan terimah kasih kepada Ka Pam Obyek Kompol Jamaluddin bersama anggota karena dapat memimpin jalannya pengamanan dan secara keseluruhan baik, aman dan kondusif,” ucap Boy Samola.

 

 

Pewarta: Armand AR

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *